Puskesmas Pembantu Sialang Taji Diduga Sudah Lima Bulan Tak Aktif


Labura, Bidikkasusnews.com - Warga masyarakat Desa Sialang taji Kecamatan Kualuh selatan, Kabupaten Labuhanbatu utara mengeluhkan keberadaan pelayanan kesehatan Puskesmas pembantu (Pustu) di desanya, karena tenaga medisnya jarang aktif memberikan pelayanan kesehatan pada warga setempat yang sangat membutuhkan. Sudah berbulan-bulan dibiarkan terbengkalai. Bahkan, kondisi Pustu kian hari kian memprihatinkan. Pantauan awak media di lapangan, tampak meteran PLN yang sudah hilang, beberapa pasilitas pustu juga sudah rusak beserta WC yang sudah berkarat tidak adanya perawatan dan tumbuh rerumputan dengan subur. Senin(3/1/2022).

Atas kondisi ini, warga Sialang taji dusun satu M. idris , geram dan angkat bicara, karena sudah lama tidak adanya perhatian dari pemerintah daerah setempat dan dari dinas terkait.

M.idris begitu kerap dikenal, kepada wartawan mengatakan, keberadaan Pustu itu harus diketahui dan di aktifkan lantaran merupakan salah satu fasilitas penunjang kesehatan bagi masyarakat Desa Sialang taji terkhusus dusun satu, Idris juga menduga kalau pustu tersebut lebih kurang sudah lima bulan lamanya tidak di fungsikan, tampak dari fasilitas WC yang sudah berkarat.

"Pustu tersebut dari rumah saya berjarah setengah kilo, macam mana mau berobat, warga kalau kesitu selalu tutup. kami minta kepada pemerintah setempat untuk memperhatikan pustu itu dan kepada dinas kesehatan untuk menegur para perawat yang bertugas di situ. Karna pustu itu sangat di butuhkan warga berhubung puskesmas cukup jauh dari daerah kami. Kalau kita lihat dari pasilitas WC yang ada di pustu tersebut sudah berkarat, kita menduga kalau Lima bulan lebih pustu itu tak berfungsi. kalaulah pekerjaan dia satu, dua, atau lima hari WC nya pasti bersih." Tegas M.Idris.

Saat awak media mencoba mengkonfirmasi kepala dinas kesehatan dr Hj Saodah Nasution di kantornya satpol PP mengatakan Saodah sedang rapat bersama jajarannya. saat di konfirmasi via telpon sampai dua kali berdering namun tidak di angkat. Lanjut awak media mengkonfirmasi via whatsApp. Saodah menjawab akan mengingatkan kepala puskesmas agar pustu kembali di tempati.Rabu(5/1/2022).

"Ya pk..nanti akan kami ingatkan kapus nya lagi supaya ditempati ."

(Muhammad yusup harahap)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami