Banjir Kembali Landa Disejumlah Wilayah Agara



Kutacane, bidikkasusnews.com -  Banjir kembali melanda dibeberapa wilayah Aceh Tenggara (Agara), akibat intensitas hujan yang cukup tinggi pada Kamis Malam (14/4)  menyebabkan sedikitnya belasan desa di empat Kecamatan  diterjang banjir. 

Informasi yang dihimpun awak media, kecamatan yang dilanda banjir pada kamis malam (14/4) yakni, kecamatan bambel, lawe sumur, semadam dan kecamatan lawe sigala-gala. 

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agara Nazmi Desky, mengatakan, intensitas hujan sedang hingga tinggi yang mengguyur sebagian besar wilayah agara menjadi penyebab banjir tersebut terjadi. 

Menurut Nazmi, akibat guyuran hujan, debit air disejumlah sungai di daerah tersebut naik, dan menyebabkan beberapa tanggul sungai jebol karena tak mampu menahan derasnya arus sungai yang meluap hingga merendam ke pemungkiman warga dan fasilitas umum. 

Dikatakan Nazmi, diantaranya, sungai yang meluap yakni, sungai lawe kinga di kecamatan lawe sumur yang merupakan hulu sungai lawe tuban di kecamatan bambel, sungai pasir puntung di kecamatan semadam dan sungai kayu mbelin di kecamatan lawe sigala-gala.

"Naiknya debit air sungai, menyebabkan  terjadinya peluapan yang di sebabkan jebolnya tanggul dibeberapa sungai yang tak mampu menahan debit air yang terus bertambah sehingga terjadi pendangkalan sungai serta tersumbatnya sejumlah  jembatan," katanya.

Untuk korban terdampak dan pengungsi, sambung Nazmi, pihaknya masih melakukan pendataan, dan sementara belum ada laporan  korban jiwa maupun meninggal dunia pada bencana banjir ini. 

"Kita telah mengerahkan anggota TRC (Tim Reaksi Cepat) ke lokasi untuk melakukan pendataan. kemudian, kita menurunkan alat berat "excavator", dan melakukan koordinasi lintas sektoral terkait penanganan banjir ini", katanya. 

"Kondisi terkini, petugas masih melakukan pengerukan di jembatan yang tersumbat akibat banjir, " tuturnya. 

wilayah yang dilanda  banjir  di agara, Kecamatan Bambel ada desa pinding, desa kuning I dan desa lawe hijo. 

Selanjutnya, Kecamatan Semadam, banjir terjadi di desa pasar puntung, desa kampung baru dan desa lawe beringin. 

Kemudian di Kecamatan  Lawe Sigala-gala ada satu desa yakni, desa kayu mbelin dan di Kecamatan  Lawe Sumur banjir melanda desa buah pala, desa teger miko dan desa kuta lesung. 

(Noris Ellyfian)

Artikel Terkait

Aceh|Berita|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami