Peringatan Hari Kartini "Pahlawan Nasional" Dilaksanakan Di SDN 29 Pardomuan I Dengan Berbagai Perlombaan


Samosir, bidikkasusnews.com - Perayaan Hari Kartini sebagai seorang Pahlawan Nasional (Pejuang Emansipasi Wanita Indonesia) dilaksanakan di SDN 29 Pardomuan I Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir.
Perayaan yang berlangsung dengan penuh keceriaan dari anak anak murid dan para guru bersama semua orang tua murid yang hadir.

Adapun rangkaian acara dalam pelaksanaan perayaan ini antara lain : Pertama, Pelaksanaan Upacara Penaikan Bendera Merah Putih.
Kegiatan dilanjutkan dengan Penyampaian Salam Pancasila yang disampaikan oleh salah seorang dari unsur Jejaring Panca Mandala (JPM) Kabupaten Samosir.
Dalam kesempatannya Bastian Simbolon mengajak anak anak murid untuk mengenal Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Falsapa Bangsa. Beliau juga menguji anak murid untuk maju kedepan berdiri di depan para murid dan para guru dan seluruh orang tua murid untuk menyebutkan lima sila dalam Pancasila.
Salah seorang murid atas nama Cici br Sinaga kelas VI A, maju kedepan dan menyebutkan Dengan Sangat baik ke Lima Sila dari Pancasila.
Selanjutnya kepada murid murid yang berkumpul di halaman sekolah oleh Bastian Simbolon satu persatu sila dijelaskan makna kelima sila dalam Pancasila dan bagaimana menerapkannya sehari hari didalam pergaulannya dengan teman teman disekolah dan di rumah.
Dan yang sangat luar biasa saat kepada anak murid yang hadir dan kepada para guru di perkenalkan Salam yang mempersatukan seluruh masyarakat Indonesia yang berbeda Suku, Bahasa dan Agama  "Bineka Tunggal Ika" adapun salam yang di sampaikan adalah Salam Pancasila.
Kepada seluruh peserta di ajak mengumandangkan Salam Pancasila dengan mengangkat tangan diatas pundak dengan lima jari.


Acara dilanjutkan dengan melaksanakan perlombaan perlombaan yang meliputi : 

1. Perlombaan Mewarnai (kelas I)
2. Lomba Busana Pahlawan Idola
    (Kelas 2),
3. Lomba menceritakan Biografi 
    Pahlawan Nasional (kelas 3),
4. Lomba bernyanyi Ibu Kita Kartini 
    (kelas 4), 
5. Lomba  Puisi (kelas 5)
6. Lomba Fashion Show Pakaian Adat
    (kelas 6).

Diselah selah kegiatan saat rangkaian kegiatan perlombaan sudah selesai dimana para panitia mempersiapkan pengumuman untuk para pemenang (juara) di tiap perlombaan, awak media bidikkasusnews.com sempat mengajak para guru dan anak anak yang ikut perlombaan untuk berfoto bersama di halaman sekolah, pada saat ini Bastian Simbolon sebagai mewakili orang tua murid dan sebagai perwakilan dari Jejaring Panca Mandala "Marsiadapari" kabupaten Samosir menyempatkan untuk meminta penjelasan dari Kepala Sekolah SDN 29 Pardomuan I ibu Rumiati br Sihotang apa yang mendasari idea melaksanakan Perayaan Hari Kartini dengan berbagai perlombaan yang memperebutkan hadiah berupa Piala dan Bingkisan (Alat Tulis).

Ibu Rumiati br. Sihotang yang didampingi para guru menjelaskan bahwa idea melaksanakan Perayaan Hari Kartini dengan melaksanakan perlombaan adalah, sejak saya diberi kepaercayaan menjadi kepala sekolah di SDN 29 ini yakni pada bulan Maret 2022, saya mendapati adanya kondisi anak yang terkesan sudah kurangnya rasa percaya diri, hal ini terlihat setiap saat harus berhadapan dengan para guru, anak akan selalu menunduk dan ada rasa ragu yang sangat besar. Artinya tidak terlihat adanya keberanian dan kepercayaan diri, dalam fikiran saya berkata bahwa hal ini bukan tidak mungkin dipengaruhi atas proses belajar yang berlangsung selama ini, dimasa pandemi covid corona yang sudah hampir 2 tahun ini, yang harus belajar secara daring. 
Hal inilah yang saya sampaikan kepada rekan rekan guru, yah syukur bahwa para rekan guru juga membenarkan apa yang menjadi pengamatan saya, hal inilah yang membuat saya tuk mengajak seluruh rekan guru tuk mau mencoba mengembalikan kepercayaan diri dari para murid.

"Nah dengan apa yang kami laksanaan ini, semoga anak anak kembali bisa ceria dan kembali memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dengan ini anak anak akan bisa mandiri dan lebih jauh akan membangkitkan semangat anak anak tuk belajar lebih baik, agar sekolah kami akan melahirkan murid murid berprestasi kedepan ini," demikian disampaikan.

Setelah menerima apa yang menjadi jawaban dari kepala sekolah, Bastian Simbolon meminta kepada seluruh murid dan para orang tua murid yang hadir untuk bertepuk tangan seraya menyapaikan ungkapan terima kasih.
Tak lupa Bastian menyampaikan kiranya semangat yang sudah ditunjukkan oleh kepala sekolah dan para guru SDN 29 Pardomuan I dalam membangun suasana belajar mengajar yang sangat baik hari ini Kamis, 21-4-2022 akan menjadi inspirasi bagi para kepala sekolah dan guru guru di sekolah lain di seluruh kabupaten Samosir dan di seluruh Tanah Air Indonesia.

Selanjutnya acara terakhir adalah acara penyerahan hadiah berupa Piala dan Bingkisan kepada para juara perlombaan.
Adapun para juara dimasing masing perlombaan yakni :

Perlombaan Mewarnai :
Juara 1 Nehemia H Rumapea
Juara 2 Calista Siringo ringo
Juara 3 Wistara Siregar

Perlombaan Busana Pahlawan Idola :
Juara 1 Mestiada Simbolon
Juara 2 Patar MH Tampubolon
Juara 3 Dheron Goklas Naibaho

Perlombaan Cerita Biografi Pahlawan :
Juara 1 Marta Simbolon
Juara 2 Epor Salwah
Juara 3 Irene Halawa

Perlombaan Menyanyikan Lagu Kartini :
Juara 1 Sharah Simanjuntak
Juara 2 Bintang Pane
Juara 3 Moses Gurning

Perlombaan Membaca Puisi :
Juara 1 Rut Rumapea
Juara 2 Yudhi Debataraja
Juara 3 Ramona Naibaho

Perlombaan Fashion Show Busana Adat (Berbagai Suku di Indonesia)

Juara 1 Angelina Simbolon
              Pakaian Adat Kalimantan
Juara 2 Gitta Simbolon
              Pakaian Adat Batak Simalungun
Juara 3 Dipatipa Manullang
              Pakaian Adat Batak Toba

Rangkaian kegiatan pada hari ini diakhiri dengan bernyanyi gembira para guru guru, dan terakhir dilaksanakan acara makan bersama para guru yang dilaksanakan di Kantor Dan Ruangan para guru SDN 29 Pardomuan I Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir.

(Asbon Hutabalian)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami