Bupati Samosir Hadiri Launching Kampung Nusantara Tahunan (Yogyakarta) Mitra Kampung Toba


Samosir, bidikkasusnews.com - Bupati Samosir Dari Yogyakarta, Kita Belajar Mengembangkan Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Pelayanan.

Bupati/Wakil Bupati Samosir Vandiko T. Gultom dan Martua Sitanggang menghadiri acara peluncuran Kampung Nusantara Tahunan (Yogyakarta) Mitra Kampung Toba, bersama bupati se-Kawasan Danau Toba. Acara dibuka secara langsung oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, di Kampung Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta, Rabu 18-5-2022.

Acara ini merupakan tindak lanjut atas kunjungan Walikota Yogyakarta ke kabupaten di Kawasan Danau Toba pada bulan Maret lalu, dengan tujuan untuk membangun kemitraan antara Pemkot Yogyakarta dengan kabupaten di Kawasan Danau Toba dalam hal peningkatan pariwisata dan UMKM.

Bupati Samosir di sela-sela acara peresmian tersebut menjelaskan bahwa program kerja sama tersebut diyakini mampu memberikan dampak yang positif bagi pengembangan pariwisata di Kawasan Danau Toba dan Samosir secara khusus. 

“Kita bisa belajar banyak dari Yogyakarta yang mampu mengembangkan pariwisata melalui ekonomi kreatif, dan kita harus akui bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan aspek yang saling berkaitan dan menguatkan” jelas Bupati Vandiko.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa kelebihan Kota Yogyakarta di bidang pariwisata yang ditiru oleh kabupaten di Kawasan Danau Toba, khususnya Kabupaten Samosir adalah aspek pelayanan kepada para wisatawan. Aspek pelayanan ini merupakan kunci bagaimana para wisatawan dapat betah dan menghabiskan waktu lebih lama berlibur di daerah kita. 


“Kita bisa melihat sendiri bagaimana seluruh pelaku wisata di Yogyakarta melayani para wisatawan dengan ramah dan antusias. Harapannya juga keramahan seperti ini bisa ditiru oleh pelaku wisata di Samosir, dan kedepan pelayanan kita kepada wisatawan bisa ditingkatkan lagi” ajak bupati.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menjelaskan bahwa program kemitraan ini akan menumbuhkan kerja sama yang lebih baik lagi antara kedua kampung Se-kawasan Danau Toba dan Yogyakarta dalam peningkatan pariwisata, budaya, UMKM, dan lainnnya.

Kemitraan antara Kampung Wisata Tahunan dengan Kampung Toba merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan tiga kabupaten di sekitar Danau Toba yaitu, Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba, dan Kabupaten Tapanuli Utara.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, menjelaskan Di Kota Yogyakarta, total terdapat 17 kampung wisata dan 13 embrio kampung wisata yang akan ditumbuhkan pada tahun ini. Keberadaan kampung wisata di Kota Yogyakarta mampu menambah alternatif destinasi wisata diantara banyak destinasi populer yang sudah dikenal para wisatawan.

Dia juga menjelaskan, bahwa kemitraan antara Kampung Tahunan Yogyakarta dan Kampung Toba dapat membuka peluang untuk kemajuan kedua kampung di bidang pariwisata, budaya, dan UMKM.

Setelah acara launching dan penandatanganan Prasasti Kampung Tahunan Mitra kampung Toba, Bupati Samosir juga menjadi salah satu pembicara pada acara Sarasehan Kepemudaan dengan tema “Kebangsaan, Pendidikan dan Kepemudaan” Semarak Danau Toba, yang diikuti bersama perwakilan mahasiswa asal Sumatera Utara di Ruang Rapat Walikota Yogyakarta.

(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami