Syahbandar Utama Belawan Melaksanakan Bintek Untuk Tingkatkan Kualitas Jurnalistik


Belawan, Bidikkasusnews.com - Untuk meningkatkan kualitas mutu khususnya keumasan khususnya direktorat perhubungan laut,Kepala kantor Navigasi Kelas l Belawan sebagai kordinator wilayah Sumatera Utara dan para pejabat supra natural beserta 17 Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Sumatera Utara dihadiri oleh para narasumber dari Waspada Online dan Persatuan Wartawan Kawasan Industri modern (Perwakim) menjadi narasumber di kantor Kesyahbandar Utama Belawan Sumatra Utara.

Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan membangun Forum Komunikasi Humas dan Bintek tepatnya di Preme Plaza Hotel Kuala Namu Jalan Sultan Serdang No 88, Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang.

Dengan tema Membangun Sinergitas Kehumasan Untuk Meningkatkan Kualitas Jurnalistik Dalam Era Media Soaial Untuk Maju Bersama. Rabu (21/12/2022).

Pelaksanaan bintek ini merupakan untuk strategis bersama kehumasan akan bersinergi kepada sektor transportasi laut khususnya di Pelabuhan Belawan.

Selaku Pelaksana Tugas (Plt) cabang Pelabuhan h Propinsi Sumatra Utara Capten Barto Ari Raharjo mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang hadir di perhubungan UPT laut Kesyahbandaran Utama Belawan Sumatra Utara.

Capten Bharto Ari Raharjo mengatakan salah satu tugas peran dan fungsi utama humas adalah memproduksi dan pablikasi, kehumasan berupa karya jurnalistik berita maupun artikel untuk mempublikasikan melalui pengiriman presrilis secara umum kepada lembaga dan elemen.

Kehumasan harus mampu melihat kreakter media publik untuk menerima saran saran dan menyikapi isu isu atau bahasa yang sesuai dengan setekmen kemudahan impormasi dari masyarakat.

Dimana kordinatornya dari Navigasi kelas l Belawan merupakan dari pada program yang di laksanakan tentang media soaial di lingkungan perhubungan laut.

Bintek merupakan kehumasan dalam jembatan ke publik untuk bertujuan saling mengenal satu sama lain merupakan hubungan fositip meningkatkan dan menjaga komunikasi dari luar maupun dari dalam. Jelas Kepala Kantor Kesyahbandar Utama Belawan.

Kepala Distrik Navigasi Kelas 1 Belawan Arif Muljanto dalam arahannya mengatakan para staf kehumasan dapat belajar dengan baik dari penyajian para narasumber untuk dapat diaplikasikan kedepan Pra Bimtek sebagai dasar keilmuan jurnalistik untuk dapat diterapkan di kehumasan Kesyahbandaran Utama Belawan maupun di UPT.

Acara Bimtek kedepannya akan digelar kembali pada bulan Februari 2023 yang akan datang untuk mematangkan terkait kehumasan begitu strategis di Kesyahbandaran Utama Belawan. Ucapn Arif

Pemaparan yang di sampaikan oleh Ega Ibra dari Waspada.co.id online dengan judul "Membangun media sosial yang efektif.

Ega Ibra mengatakan media sosial merupakan alat kemuhasan untuk mengimformasikan kegiatan melalui beberapa konten. Akan lebih menarik bila disajikan dengan bahasa-bahasa yang sangat sederhana dan mudah dimengerti.

Bersosialisasi melalui media sosial lebih menarik jika disajikan sesuai pasarnya artinya disajikan sesuai tingkat umur, sasarannya siapa.

Desrin Pasaribu selaku Nara sumber mewakili Persatuan Wartawan Kawasan Industri Modern (Perwakim) menyampaikan "Perspektif pemberitaan di media online terhadap komunikasi publik.

Desrin Pasaribu mengatakan dalam pandangannya bahwa media online memiliki kecepatan untuk menyajikan berita sehingga wartawan mengabaikan kaidah-kaidah penulisan berita yaitu 5 W + 1 H.

Berita yang disajikan wartawan harus berimbang dan netral dengan memberikan gambaran yang jelas supaya tidak ada yang dirugikan.

Saat ini media online tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat baik yang tinggal di pedesaan, daerah maupun di kota.

Dampak kecanggihan media elektronik saat ini dapat memperluas komunikasi masyarakat berbasis telekomunikasi dan multi media.

Ketua Fasi Airomodelling dan Drone Sumut Furqon Azhari dalam paparannya mengatakan pentingnya Kesyahbandaran Utama Belawan menggunakan drone untuk dapat menyajikan informasi dan untuk pemetaan suatu lokasi di laut karena drone itu sangat membantu kehumasan untuk mengetahui situasi dan kondisi apa yang terjadi,ucapnya.

(SURYONO)

Artikel Terkait

Berita|Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami