Musrenbang Desa Parmonangan Dalam Rangka Penetapan RKPD 2023 Dan Usulan Ke TA 2024, Masyarakat Mengusulkan Pembentukan BUMDes Pembuatan Batu Bata


Samosir, bidikkasusnews. Com - Pemerintah Desa Parmonangan hari ini Senin, 16-1-2023 melaksanakan Musrenbang dalam rangka penetapan RKPDes Tahun Anggaran 2023 dan Menyusun Rencana Usulan Pembangunan yang akan dimasukkan di pembangunan desa Tahun Anggaran 2024.

Acara Musrenbang hari ini dihadiri pihak pemerintah Kecamatan yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Kecamatan bapak Roberd Sinaga, Babinsa Kopda. P.M Simbolon mewakili Koramil 03/Pangururan, Babinkamtipmas Brigpol. Tarmiji Purba mewakili Kapolsek Pangururan.

Rido Pasaribu TPP Kecamatan (Pendamping Desa). 

Sementara dari pihak pemerintah desa Parmonangan langsung dihadiri oleh Kepala Desa Wajudin Hutajulu, Edisanto Simbolon selaku Sekretaris Desa, bersama seluruh perangkat desa Parmonangan turut hadir dan mengikuti berlangsungnya Musrenbang.

Sementara BPD dihadiri oleh Wakil Ketua BPD Tua Walter Nadeak, Sekretaris BPD Bungani Marbun.

Turut hadir Kepala Sekolah SDN 16 Parmonangan Parlindungan Simbolon, Bidan Desa Latare Pakpahan, dan Hernawati Sinaga, Juga hadir perwakilan insan Pers Samosir, Royziki Sinaga Suaramedannews.com Inra Simbolon Bidik Indonesia dan tidak ketinggalan para tokoh masyarakat dan para ketua kelompik tani dan para perwakilan dusun dari tiga dusun di desa Parmonangan.

Pada Musrenbang hari ini terlihat begitu antusiasnya para peserta Musrenbang, secara khusus para perwakilan dusun yang sangat ingin agar apa yang sudah di bahas di musyawara dusunnya masing masing agar jangan sampai tidak ikut diusulkan.

Yang sangat kuat tuk mengusulkan agar di dusunnya dibangun jalan menuju salah satu sumber air yang berada di huta Passur.

Oleh Ompung Riswanti Malau yang sangat berharap agar jalan menuju ke sumur (mata mual) yang ada di Passur bisa dibangunkan jalan, oleh Op. Riswanti dijelaskan bahwa sumber air yang ada di Passur selama ini menjadi sumber air bagi banya huta yang ada di desa Parmonangan, dimana kondisi jalannya saat ini sudah sangat rusak parah, dan belum perna tersentuh pembangunan walaupun sudah terus dimasukkan kedalam usulan melalui beberapa kali pelaksanaan musrenbang, di tambahkan juga oleh beliau bahwa sudah sangat sering masyarakat yang datang tuk mengambil air minum ke sumur itu harus terjatuh karena kondisi jalannya yang sangat rusak parah.

Usulan lain yang disampaikan oleh salah seorang warga masyarakat desa Parmonagan yakni Bastian Simbolon yang mengusulkan agar pemerintah desa Parmonangan segerah membentuk BUNDes, beliau mengusulkan agar memulainya dengan bidang usaha pengolahan/pembuatan Batu Bata.

Beliau memberi alasan yang mana selama ini masyarakat desa Parmonangan meberikan tanahnya tuk dibawa keluar desa dengan berbagai alasan, peruntukan diantaranya pembuatan embung, pematangan lahan dan lainnya.

Akibat dari pada itu dampak kurang baiknya adalah ketika truk pengankut tanah tersebut akan menambahi kerusakan jalan yang ada di desa, sedangkan dampak ekonomisnya sangat kecil.

Berbeda jika didesa Parmonangan akan terbentuk kelompok kelompok masyarakat pembuat batu bata maka sudah barang tentu akan tumbun sumber ekonomi baru di desa Parmonangan.

Atas usulan Diatas, kepala desa menjawab terhadap usulan pembangunan jalan menuju sumur air minum yang ada di huta Passur agar masyarakat pengusul bisa membantu pemerintah desa untuk mendapatkan Surat Pelepasan lahan atas jalan yang diusulkan tuk dibangun.

Sedangkan untuk usulan pembentukan BUNDes, kepala desa mengbalikan kepada masyarakat, jika memang ini benar benar menjadi usulan masyarakat banyak, maka pemerintah desa akan mendukungnya dan mempasilitasinya agar segerah bisa terealisasi.

Pelaksanaan musrenbang hari ini ditandai dengan penandatanganan oleh para perwakilan masyarakat atas usulan yang sudah dibuat yang akan direncanakan di Tahun Anggaran 2024 mendatang.

(Inra Simbolon) 

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami