Musrenbang Desa Saitinihuta Dalam Rangka Penetapan RKPDes TA. 2023 Dan Penyusunan RKPDes 2024


Samosir, bidikkasusnews. Com - Dalam rangka memastikan berjalannya pemerintahan desa yang baik dan mengikuti aturan perundang undangan yang berlaku, maka pemerintah desa wajib melaksanakan Musrenbang Desa untuk setiap awal tahun, maka hari ini pemerintah desa Saitinihuta melaksanakan Musrenbang.

Musrenbang Dalam Rangka Penetapan RKPDes TA. 2023 dan Penyusunan RKPDes, pemerintah desa Saitinihuta hari ini Selasa, 17-1-2023 bertempat di ruangan kantor desa, acara dimulai sejak pukul 9.30 wib.

Musrenbang hari ini dihadiri oleh Camat Pangururan Robintang Naibaho, Danramil 03/Pangururan Kapt. Inf. Sugino, Kepala Desa Aman Sitanggang, Sekdes Ritead Naibaho, Kaur Keuangan dan seluruh perangkat desa turut mengikuti pelaksanaan musrenbang. Dari pihak BPD Menry MT. Sinurat selaku Ketua, Resdi Simbolon selaku PPL, Rohma Saragih selaku Bidan Desa, Winra Naibaho selaku Pendamping Desa.

Juga tampak hadir para tokoh masyarakat, orang tua dan beberapa orang pengurus kelompok tani.

Acara Musrenbang diawali dengan doa bersama, selanjutnya oleh protokol dibacakan urutan acara pelaksanaan musrenbang. Kata sambutan untuk pertama diberikan kepada Komandan Koramil 03/Pangururan, dalam sambutannya Kapt. Inf. Sugino sekaligus memperkenalkan diri kepada pemerintah desa dan seluruh masyarakat yang hadir mengikuti musrenbang. Selaku pejabat yang baru di Koramil 03/Pangururan beliau menyampaikan agar jangan segan segan tuk memberikan laporan kepadanya jika ada masalah, ditambahkan bahwa dimasa kepemimpinannya saat ini, beliau ingin bisa sangat dekat dengan masyarakat dan pemerintah desa.

Camat Pangururan Robintang Naibaho dalam sambutannya meminta kepada pemerintah desa agar menyusun program kerja desa pada hal hal yang sangat prioritas dan hal pemberdayaan masyarakat dan ketahanan pangan harus nyata dan terukur, agar benar benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Hasil Musrenbang hari ini sudah menetapkan RKPDes yang akan dikerjakan pada TA. 2023, ini prioritas yang sangat utama diantaranya ;

1. Pekerjaan Peningkatan Jalan Ruas Sitanduk - Upahoda, 2. Pekerjaan Peningkatan (perkerasan) JUT ruas Pakkalahan, 3. Pekerjaan Pembuatan Plat Duwiker, rabat gang bersama, 4. Pelebaran saluran dijalan Sigalingging, 5. Pembangunan tempat sampah, 6. Peningkatan pompa air pantai Saitinihuta, 7. Pengadaan bibit ternak.

Juga menyusun paket pekerjaan yang akan diusulkan untuk didanai melalui APBD dan Sumber Lain yang bukan Dana Desa. Yang akan diupayakan untuk di usulkan ke Dinas terkait ;

1. Pembangunan Irigasi untuk mendukung pertanian, 2. Pengadaan Kasuksak (alat tenun), 3. Pengadaan lampu jalan, 4. Pemasangan Paving block di Huta Saitinihuta, 5. Pengadaan seperangkat alat musik Drum band untuk SDN 6 Saitinihuta, 6. Pembuatan Dyk/Saluran dan pelebaran jalan Sitio Tio, 7. Pelebaran jalan / Saluran tertutup Gg Korpri, 8. JUT ruas Sitanduk - Lumbang Debata, 9. JUT Lumban Dodang - Pakkalahan, 10. Peningkatan Jalan Sigalingging - Pakkalahan.

Daftar Usulan Rencana Kegiatan pembangunan yang didanai dana desa TA. 2024 ;

1. Pengadaan bibit ternak,

2. Pembuatan plat Duwiker, jalan rabat gang bersama,

3. Pelebaran saluran di jalan Sigalingging,

4. Pembangunan tempat sampah,

5. Peningkatan pompa air pantai Saitnihuta.

Selanjutnya Musrenbang juga menyepakati tuk memilih utusan yang akan ikut mewakili desa Saitnihuta pada pelaksanaan musrenbang kecamatan ;

1. Aman Sitanggang dari unsur Kepala Desa,

2. Menry MT. Sinurat dari unsur BPD,

3. Agustinus Rico Memby unsur Pemdes

4. Ready Simbolon dari unsur perempuan

5. Luster Sinurat dari unsur tokoh masyarakat.

Rapat Musrenbang desa hari ini diakhiri dengan penandatanganan berita acara hasil rapat Musrenbang yang dilanjutkan dengan acara makan bersama bersama seluruh peserta yang mengikuti musrenbang.

(Bastian Simbolon) 

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami