Dugaan Pungli Dana Desa di DPKKD Agara

Kutacane, bidikkasusnews.com - Dugaan Pungli pengusulan Dana Desa kembali terjadi di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) Aceh Tenggara.

Isu tak sedap tersebut kembali merebak dikalangan kepala Desa yang ada di Aceh Tenggara.

Menurut sumber kepada bidikkasusnews.com Rabu (22/3), pengutipan dilakukan oleh oknum pegawai berstatus honor di DPKKD yang berinisial E.

Tak tanggung - tanggung besaran kutipan yang dilakukan mencapai 1 hingga 2,2 juta rupiah per kepala desa, jika dikalkulasikan berapa banyak uang yang diraup oleh oknum - oknum di DPKKD tersebut.

Ketika bidikkasusnews.com menanyakan langsung kepada oknum E disalah satu ruangan DPKKD Senin (27/3), dianya membantah telah melakukan pengutipan kepada para kepala desa yang ingin mengusulkan pencairan dana desa, menurutnya bahwa itu murni inisiatif para kepala desa yang memberikan uang "itupun nilainya hanya 200 hingga 500ribu rupiah" ujar E. 

Jikalau pun benar adanya seperti yang disampaikan E, maka telah terjadi tindakan Gratifikasi, gratifikasi termasuk suap menjadi delik Korupsi Pasal 12B dalam Undang - undang Pemberantasan Korupsi. Gratifikasi merupakan pemberian dalam arti luas, meliputi pemberian uang,rabat (discount),komisi,pinjaman tanpa bunga,tiket perjalanan, fasilitas wisata, pengobatan cuma-cuma dan fasilitas lainnya.

Dugaan Pungli yang dilakukan oknum E merupakan inisiatif dari yang bersangkutan, tanpa ada perintah dari atasannya untuk melakukan perihal tersebut, meski terasa janggal, mana mungkin seorang pegawai honorer berani melakukan pungli tanpa ada perintah dari atasannya, namun demikian ketika bidikkasusnews.com menanyakan kemana saja hasil uang kutipan itu diberikan"semuanya dapat yang begituan" terangnya, mendengar jawaban dari E, betapa telah mengguritanya dugaan Pungli di DPKKD Agara selama ini.

(Noris Ellyfian)

Artikel Terkait

Aceh|Berita|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami