Dua Tahun Usia Bangunan Drainase Desa Sengon Sari Kec, Aek Kuasan Asahan, Kini Keberadaanya Sudah Hancur


Asahan, Bidikkasusnews.com - Setelah viral di berbagai media baik cetak maupun online tentang bobroknya bangunan drainase yang di duga menggunakan dana desa di desa Sengon Sari kecamatan Aek Kuasan Kabupaten Asahan Sumut.

Team beberapa Media mencoba melakukan penelusuran di desa Sengon Sari yang dipimpin Yatimin sebagai kepala desa dua priode, Sabtu. (1/4/2023). 

Jalan dua priode kepemimpinan beliau coba kita telisik infrastruktur yang dibangun menggunakan uang rakyat.

Menurut berbagai sumber, para pekerja dilapangan sebelumnya sudah didoktrin oleh kades jika ada yang datang mengawasi proyek terutama dari sosial kontrol para pekerja dilarang memberi keterangan dan jawab dengan kata tidak tahu dan usahakan marah-marah. Dengan demikian siapapun yang mengawasi jika bermental lemah akan memilih pergi.

Seperti yang dituturkan beberapa orang mantan pekerja yang satu diantaranya S,(47 thn) alias Edi warga Dusun IV, pekerja yang tidak mau di ajak untuk bersubahat, dirinya rela tidak bekerja dari pada harus mengurangi ukuran.

Ketika ditanya apa sebab dirinya tidak mau bersubahat dengan kades, Edi menjawab. "Gimana kita mau di ajak untuk curang pak, ini desa kami, yang menikmati infrastruktur itu juga kami. Kalau infrastruktur jelek kami juga yang merasakan." Jawabnya polos.

"Lihat itu pak yang didusun III, 2021 saya ikut mengerjakan drainase itu, sekarang keberadaanya sudah kupak kapik Hancur gak karuan." Jelasnya.

Team beberapa Media mencoba menelusuri bangunan infrastruktur didesa itu yang dibangun dengan menggunakan dana desa. Beberapa bangunan drainase terlihat sudah jebol berantakan.

Dari bekas material yang berantakan diriol tersebut dengan kasat mata tampak jika antara padas dengan padas tidak terdapat spase untuk campuran pasir semen, diduga hal ini pula yang menjadi penyebab bangunan tidak memiliki daya tahan.

Awak media kesulitan mendapat nara sumber karna masyarakat tidak berkenan memberi keterangan.

Walau demikian salah seorang diantaranya bersedia memberi keterangan asal namanya dirahasiakan mengatakan. "Saya mengerti betul tentang kinerja Yatimin, karna saya juga pernah ikut menjadi pelaku, hari Selasa depan bapak datang biar saya kasi data akurat tentang bangunan drainase dan lain lain." Tegasnya.

Sementara itu Yatimin kepala desa Sengon Sari saat dikonfirmasi via aplikasi whatsApp tentang bangunan drainase yang di bangun pada tahun 2021 ditelah hancur, Yatimen tetap bungkam tidak mau menjawab konfirmasi awak media. 

(Muhammad yusup harahap) 

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami