Kepala Kampung se-Kabupaten Mimika Studi Tiru di Desa Bandar Labuhan

Tanjung Morawa, bidikkasusnews.com - Rombongan Kepala Kampung (sebutan di daerah Kabupaten Mimika) Provinsi Papua Tengah berkunjung ke Desa Bandar Labuhan Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang dalam rangka studi tiru di tiga lokasi Kamis, (21/9/2023).

Kepala Kampung atau sebutan lain Kepala Desa tiba di Kantor Desa Bandar Labuhan berkisar pukul 10 : 15 wib yang disambut oleh Kepala Desa Bandar Labuhan Hajeman Aman yang didampingi Ketua TP PKK Desa Ny Anita Hajeman, Sekretaris Desa Azrul Abdillah beserta perangkat Desa, BPD Desa, LPM Desa.

Selanjutnya rombongan Kepala Kampung se-Kabupaten Mimika Papua Tengah berkunjung ke rumah kelor di jalan Cendana Dusun II Desa Bandar Labuhan.

Kepala Desa Bandar Labuhan Hajeman memaparkan prestasi yang pernah diraih oleh Desa Bandar Labuhan. " pada tahun 2013, Desa kami mendapat juarah I bidang administrasi.Kemudian meraih prestasi terbaik dibidang UMKM.Desa Bandar Labuhan mempunyai visi misi benah Dusun Bangun Desa guna meningkatkan perekonomian masyarakat, " ungkap Kades.

Lebih lanjut Kades Hajeman menceritakan tentang manfaat daun kelor dan hasil perkebunan buah duku dari Desa Bandar Labuhan serta menjelaskan tata cara pengelolaan sampah menjadi pupuk organik serta tanaman sayuran hidroponik.

Sementara Sekretaris Desa Bandar Labuhan Azrul Abdillah menambahkan terkait kerjasama Pemerintah Desa Bandar Labuhan dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Hikari Deli Serdang guna membimbing putra - putri Desa Bandar Labuhan tentang program magang dan bekerja di Jepang.Dasar yang dipelajari adalah bahasa, tulisan dan budaya di Jepang.

Kepala Kampung (Kepala Desa) Kamora Thobias N.M saat diwawancarai awak media mengatakan bahwa dalam studi tiru di beberapa Kabupaten di Sumatera Utara ingin mempelajari BUMDes.Dan berharap agar Pemerintah bisa mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Mimika Provinsi Papua Tengah.

Sementara Kepala Kampung (Kepala Desa) Timika Pantai Yulianus Amatimukata sangat senang bisa mengikuti studi tiru." Masyarakat di tempat kami pada umum nya nelayan.Kami akan terapkan ilmu pengetahuan yang kami dapat saat mengunjungi beberapa Desa di Provinsi Sumatera Utara ini, " sebut nya.

Kemudian rombongan Kepala Kampung (Kepala Desa) se-Kabupaten Mimika beranjak mengunjungi sayuran hidroponik dan tempat pengelolaan sampah di Dusun II Desa Bandar Labuhan.

(Tumenggung) 

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami