UKW Angkatan 59/60 Tahun 2023 PWI Sumut Terlaksana Dengan Sukses Dan Menghasilkan 42 Jurnalis Yang Kompeten

Medan, bidikkasusnews. Com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut bekerja sama dengan Dewan Pers yang didukung penuh PWI Pusat berhasil melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke 59/60 tahun 2023 dengan baik dan lancar.

UKW yang berlangsung tiga hari (6,7,8/11) Senin s/d Rabu dilaksanakan di Hotel Swiss Belinn yang berada di jalan raya Gajah Mada kota Medan.

Pelaksanaan UKW tahun ini tercatat 60 orang peserta yang lulus verifikasi administrasi berasal dari berbagai media cetak dan online.

Sebagaimana diketahui peserta UKW berasal dari berbagai kabupaten/kota se Propinsi Sumatera Utara.

Pelaksanaan UKW tahun ini sangat rapih memperlihatkan adanya persiapan yang sangat matang oleh panitia yang terlibat utamanya oleh Ketua PWI Sumut H. Farianda Putra Sinik, SE, koordinator panitia pelaksana Rifky Warisan. Tampak pada pelaksanaan pembukaan acara yang dihadiri langsung Ketua Umum PWI Pusat Hendry CH Bangun yang didampingi Direktur Pelaksana UKW PWI Pusat Dr. Firdaus Komar M.Pd.

Tampak pula hadir Kadis Kominfo Provsu. Ilyas S. Sitorus sebagai mewakili Pj. Gubernur Sumatera Utara. Pj. Gubernur Sumatera Utara dalam sambutan yang disampaikan kadis kominfo Sumut menyampaikan selamat kepada Panitia UKW dibawah pimpinan Ketua PWI Sumut atas terlaksananya UKW tahun ini, semoga melalui kegiatan ini akan dihasilkan para wartawan yang kompeten dengan profesinya. Kepada para wartawan Pj. Gubernur berpesan agar dapat mengikuti kegiatan yang sangat penting ini dengan sebaik-baiknya.

Berbagai informasi yang membuat pelaksanaan UKW kali ini punya catatan hebat diantaranya, bila dalam pelaksanaan UKW sebelumnya komposisi para Tim Penguji selalu di dominasi tim penguji yang berasal dari daerah tempat UKW itu dilaksanakan, namun saat ini tim penguji didominasi orang orang hebat yang berasal dari luar provinsi Sumut.

Didapat informasi bahwa 7 orang tim penguji dari 10 orang jumlah tim penguji merupakan orang yang ditunjuk oleh PWI Pusat, diluar dari PWI Sumut, sementara tiga orang tim penguji merupakan pengurus PWI Sumut dan dari Dewan Pers.

Adapun komposisi tim penguji yang ada saat ini sejalan dengan apa yang disampaikan Ketum PWI Hendry CH Bangun yang menyampaikan bahwa pelaksanaan UKW kali ini dan kedepan persyaratannya akan lebih ketat, bukan saja dalam seleksi para peserta UKW, juga dalam seleksi untuk tim penguji, hal ini sangat penting untuk terus meningkatkan kualitas UKW itu sendiri juga untuk menghasilkan wartawan yang kompeten yang semakin berkualitas, demikian disampaikan dalam sambutannya.

Hal ini diakui juga oleh salah seorang peserta UKW asal kabupaten Samosir, Bastian Simbolon yang menceritakannya pada awak media bidikkasusnews.com saat ditemui dilokasi pelaksanaan UKW.

Dikatakan olehnya,"sangat bangga bisa mengikuti UKW ini dengan Tim Penguji yang sangat berkualitas dan materi yang sangat luar biasa bobotnya.

Beliau juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesarnya kepada PWI Sumut yang telah memberi kesempatan ini, terimakasih yang setingginya kepada tim pengujinya Dr. Retno Intani Za, MSc yang telah memberikan pengetahuan yang sangat luas tentang dunia jurnalis," demikian beliau menceritakan.

Dari informasi yang berhasil dihimpun dilokasi pelaksanaan UKW, dari 60 peserta yang lolos verifikasi administrasi sampai hari terakhir pelaksanaan kegiatan hanya 42 orang peserta yang lulus dan dinyatakan sebagai wartawan yang kompeten, sementara 12 orang peserta dinyatakan gugur, 6 orang sisanya tidak lulus dan dinyatakan belum kompeten.

(Redaksi) 

Artikel Terkait

Berita|Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami