SD Negri 114343 Sukarame Gelar Pentas Seni Ke IV dan Gelar Karya

Labura, Bidikkasusnews.com - SD Negri 114343 Desa Sukarame, Kecamatan Kualuh Hulu, yang telah satu-satunya mendapat Sekolah Penggerak di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Senin,(18/12/23)melaksanakan kegiatan mempersembahkan pentas seni ke lV dan Gelar Karya 2023 Stop Bullying,Gali Potensi & Lestarikan Budaya Dalam Upaya Membangun Generasi Berprofil Pelajar Pancsila.

Komite SD 114343 Sukarame Herman dalam sambutanya,"saya mengucapkan terima kasih kepada Panitia dan kepada, seluruh orang tua siswa -siswi atas kerjasama nya, yang telah memberikan bantuan berupa materi, pikiran dan tenaga hingga terlaksananya kegiatan Pentas seni ini.dan kita masih punya rencana, kedepanya di sekolah ini akan kita buat pagar untuk kenyamanan anak-anak kita disekolah & aset di lingkungan sekolah.semoga apa yang kita rencanakan semuanya berjalan dengan lancar dan segera terealisasi namun semua itu kami bermohon atas dukunganya dari orang tua wali murid"pintanya.

Pelatih renang, guru PJOK. LUTHER BORNOK PANDAPOTAN,S.Pd dalam menyampaikan penjelasan"Profil merdeka adalah terbentuknya pelajar ataupun generasi yang Berprofil Pelajar Pancasila.pelajar Profil yang Pancasila adalah pelajar pendidik yaitu ketuhanan yang maha esa, mandiri, bergotong royong, berkebihnekaan global dan kreatif. 

Nah didalam kurikulum merdeka ini Kemendikbud ristek mencantumkan sebuah program untuk menguatkan profil pelajar Pancasila yang seperti tema kita pada pagi hari ini ya itu, Stop Bullying, Gali potensi,dan Lestarikan Budaya dalam upaya membangun Generasi Berprofil Pelajar Pancasila. Program yang dimaksud yang sedang dikerjakan oleh anak-anak kita adalah P5 apa itu P5..? Yaitu (Projek Penguatan Pelajar Pancasila) melalui projek ini, siswa ataupun murid, diberi kesempatan untuk menemukan masalah yang mengganggu aktivitas kenyamanan belajar mereka memecahkan masalah sesuai kemampuan mereka. 

Untuk itu SD 114343 Sukarame atau yang dikenal SD Bopet, saat ini sudah menjalankan Kurikulum Merdeka yang sedang dijalankan oleh kelas 1 dan kelas 4 mari kita kita saksikan tayangan vidio projek penguatan pelajar Pancasila yang dilakukan oleh kelas 1.

Bapak ibu, anak-anak kita lebih memilih memanfaatkan barang-barang bekas untuk menjadi barang-barang yang dapat digunakan dengan baik. Mereka memilih barang-barang bekas apa saja yang bisa digunakan dan dimanfaatkan seperti ini prosesnya seperti Vidio ini yang sedang ditayangkan.

P5 ini tidak terlepas dari Kolaborasi Guru dan orang tua, siswa dan murid sendiri sebagai objek utama."penjelasanya.

Kepsek SD Negeri 114343 Sukarame HOTMAIDA ROTUA SIRAIT,S.Pd.SD dalam kata sambutanya mangatakan,"saya mengucapkan, terima kasih kepada panitia,kepada seluruh murid siswa -siswi SD 114343 dan seluruh orang tua wali murid, Dewan guru,Komite sekolah bpk Herman,Kepala Dinas Pendidikan kab.labuhanbatu Utara (Labura) yang diwakili oleh, Sri Yulianti Simarmata,S.Pd , Korwilcam Kualuh Hulu, Rahman Saleh,S.Pd.SD, Pengawas sekolah Kualuh Hulu, Sukrilawati,S.Pd,Kepala Puskesmas Sukarame yang diwakil oleh dr. Sahmul Hidayah Siagian, Kepala Desa Sukarame Jalaluddin Silaen yang diwakili oleh Kadus Herman Dusun Bopet, dan insan Pers media cetak dan online.

"saya sangat mengucapkan banyak terimakasih kepada pengurus panitia, dan para dukungan,dan sumbangannya dari orang-orang tua siswa -siswi walimurid hingga terlaksananya acara pentas seni ini. 

Karna kami pihak sekolah hanya mampu menyediakan menu makanan/snek saja. Dan berkat kepedulian dan dukungan dan bantuan dari para orang tua siswa -siswi baik itu, materi,teratak, dll selebihnya adalah berkat dari bantuan orang-orang tua siswa -siswi. Dan semoga kedepanya sekolah kita ini semakin maju dan berprestasi, masih ada yang memang menjadi kendala dilingkungan sekolah kita ini, seringnya terjadi kerusakan barang-barang inventaris sekolah dan kehilangan Karna luasnya dilingkungan sekolah Kita ini yang tidak berpagar. Maka dari itu,

seperti apa yang disampaikan oleh bapak komite kita tadi, bpk Herman, bahwasanya kita akan merencanakan pembangunan pagar disekolah ini.agar bertujuan untuk melindungi anak didik agar tidak berkeliaran diluar lingkungan sekolah serta untuk menjaga aset dilingkungan sekolah seperti,fasilitas tempat air,yang beberapa kali dirusak dan sudah kita perbaiki juga taman-taman vood bunga yang beberapa kali hilang dll, Karna sudah beberapa kali disekolah ini sering terjadi kerusakan tempat air cuci tangan,dan kehilangan beberapa kali seperti Vood dan kembang yang rusak dan hilang di lingkungan sekolah ini.

Semoga rencana ini kami berharap kepada orang tua siswa -siswi agar juga diminta untuk dukunganya.

Demikian yang dapat kami sampaikan semoga acara pentas seni yang kita laksanakan ini berjalan dengan lancar,"Ucap Kepsek.

Kemudian kata sambutan dari Dr. Sahmul Hidayah Siagian Yang mewakili Kapus Sukarame dalam acara pentas seni yang digelar oleh SD 114343 Bopet Sukarame sambutanya mangatakan,"saya mengucapkan Selamat kepada SD Negri Dusun Bopet 114343 Sukarame, atas terlaksananya kegiatan Pentas Seni hari ini, dapat memicu Gratifitas dari anak-anak didik kita semua. Puskesmas Sukarame dan SD 114343 Sukarame, sudah beberapa kali bekerjasama dalam melaksanakan apapun kegiatan termasuk dibidang, kesehatan, maupun di bidang pendidikan.

"Saya juga secara pribadi merasa bangga Karna saya juga mempunyai anak yang saya titipkan untuk di sekolah ini,dan merupakan kebanggaan dalam hidup saya,anak saya bisa mengenyam pendidikan dan belajar di SD 114343 Sukarame ini.semoga sekolah ini semakin terus maju dan semakin berprestasi buat anak-anak siswa -siswi di SD 114343 ini kedepanya,"harapnya.

Kata sambutan Kepala Dinas Pendidikan Labura yang mewakili Korwilcam Kualuh Hulu, Rahman Saleh,S.Pd.SD dalam mengisi acara pentas seni mengucapkan," Selamat kepada SD Negri 114343 Bopet Desa Sukarame, atas terselenggaranya acara pentas seni yang berlangsung saat ini, hadir bersama kita.terima kasih atas kehadiran Bu Dokter, dan pak Dokter puskesmas Sukarame, ini tidak lepas Karna pendidikan dan kesehatan itu nomor 1 (satu) tidak bisa dipisahkan,sekali lagi terima kasih telah hadir. Kemudian yang kita hormati pengawas sekolah Kecamatan Kualuh Hulu Bu Sukrilawati,S.Pd,

bpk Kepala Desa Sukarame Jalaluddin Silaen yang diwakili oleh Kadus Bopet bpk Herman, bpk Komite yang saya hormati, Bu Kepala sekolah SD 114343 Sukarame, Bu HOTMAIDA ROTUA SIRAIT,S.Pd.SD yang saya hormati Bu Leni Damayanti Kepala sekolah SMPN 4 Kualuh Hulu, bapak-bapak, ibu wali murid, dan ibu guru yang sangat kami hormati dan juga para rekan -rekan media yang hadir bersama kita, kemudian yang kami hormati bapak ibu orang tua siswa -siswi kami yang hadir pada kesempatan ini dan yang sangat saya sayangi para anak-anak kami sekalian.

Izinkan saya menyampaikan sepatah kata, dihadapan kita bersama. Seyogianya bpk Kadis pendidikan Labura hadir bersama kita, namun beliau ada rapat dengan bapak Sekda, namun tanpa kehadiran bpk Kadis pendidikan Labura bersama kita tidak merasa kita kurangi daripada acara kita ini, bahkan lebih semarak lagi.

Pada kesempatan ini kami merasa bersyukur pelaksanaan daripada acara pentas seni dari SD 114343 Sukarame ini terwujud atas kerjasama. Dan informasi yang kami dengar adalah dari kerjasama orang tua siswa -siswi berarti orang tua diwilayah ini sangatlah antusias terhadap pendidikan kepada anak-anak nya.mudah mudahan bantuan bantuan dari bapak ibu orang tua wali murid kami menjadi amal ibadah buat bapak ibu sekalian.

Pada hari ini pentas seni ini digelar adalah untuk meningkatkan daripada bakat anak-anak didik kita dengan kuri kulum Merdeka. Mungkin bapak ibu masih banyak yang belum paham tentang kurikulum Merdeka.

Ini adalah bakat yang sangat kita tonjolkan perbaiki menunjukkan anak-anak kita ini, yang bisa ditampilkan kegiata -kegiatanya untuk budaya-budaya inilah yang terambil dari Pancasila nya tadi untuk budayanya biar kita kenal.

Untuk itu, sekolah menunjukkan kepada orang tua, bahwa anak itu sudah diajari sudah mendapatkan pengetahuan -pengetahuan tentang apa yang diinginkannya. Dengan P5 ini anak dituntut untuk berbuat, bukan hasil yang kita harapkan.

Kepada bapak ibu mulai hari ini, kita, jangan membuliyng anak kita contoh, membuliyng ini bukan hanya memukuli ya Bu..!?"sekali -sekali jangan anak ibu jangan di bilang dengan kata contoh, yang malaslah kau..!, Yang Bodohlah kau ..! itu sudah masuk, membuliyng dengan ucapan seperti itu.sebaiknya bicarakan dengan kata-kata yang lemah lembut.

Bapak ibu sekolah yang untuk program dari program bapak Bupati Labura yang cerdas dan religius ini cerdaskan siswa-siswi Religius nya itu, salah satunya adalah bidang ke Agamaan , Kebudayaan.

Husus Kecamatan Kualuh Hulu,2 kali sudah berangkat setudi banding yang pertama ke Tanah Karo, dan yang kedua ke Padang Sumatra Barat. Satulah baru di kabupaten Labuhanbatu Utara, ini barulah dapat sekolah penggerak inilah baru satu-satunya di Labura sekolah Penggerak untuk SD untuk TK disana, dan untuk SMP belum ada. Kalo bisa Bu Leni Damayanti nanti jadi sekolah penggerak.

Kemudian pesan terakhir buat bapak ibu orang tua wali murid dan sekalian,"kami mohon kita harus mancing atau paksakan sedikit Kepada anak kita, dengan kata-kata yang baik jangan pukul, tapi memukulnya itu dengan kata-kata yang enak didengarnya, yang sedap didengarnya hingga anak kita mau dia berbuat, dan mau melaksanakan.seperti contoh nya menyuruh anak kita untuk melaksanakan sholat misalnya.

Bapak ibu sekalian, sekali lagi mari kita beri aplus kepada ibu kepala sekolah SD 114343 Sukarame yang telah satu-satunya mendapat Sekolah Penggerak di Kab.Labuhanbatu Utara.

Kalo sudah penggerak Bu'? Kalo mereka ingin mengajar orang ini bisa dibawa kemana-mana Bu, untuk mengajari guru-guru ini sebagai narasumber. Jadi ibu kepala sekolah waktunya ini sekarang, full tame tidak ada waktu main-main.

Nah, pada saat sekarang ini pak Kadis komitmen mengangkat kepsek dari guru penggerak sekolah banyak sudah, para penggerak guru sekolah, namun ada terganjal sedikit pangkat mereka itu, rata-rata 3 A jadi yang bisa diangkat adalah 3 Bnah disini saya rasa ditahun depan sekolah kita lebih meningkat karena kepsek komitmen mengangkat dari guru penggerak oleh sebab itu, kepada guru yang diundang disini tolonglah usahakan ikut jadi guru penggerak lamanya hanya 6 bulan sudah lulus, sudah jadi guru penggerak.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan dimana mungkin ada kekurangan dalam penyampaian kami lebih kurangnya mohon dimaafkan "Ucapnya.

Acara tersebut diselingi dengan kegiatan persmbahan budaya Tari-tarian berbagai adat. 

Di akhir acara dilanjutkan penyerahan berupa bingkisan hadiah kepada Murid-murid yang telah mendapatkan prestasi di, kejuaraan-kejuaraan sbb:

1. Mahwa Tampubolon juara 2 OSN tingkat kecamatan kualuh Hulu bidang matematika kelas 6 

2. Muhammad Al Mirza juara 3 O2SN tingkat kecamatan kualuh Hulu bidang renang kelas 5

3. Juara renang ceria

Dinnur Azwar Juara 1 kelas 4 

Mahwa Tampubolon juara 1 kelas 6 

Ahza alisha putri juara 2 kelas 6 

Muhammad Al Mirza juara 3 kelas 5

4. Juara 2 Turnamen mini soccer Karta permai cup 1 Sukarame baru 

Kemudian dilanjutkan pemberian bingkisan kepada pemain sepak bola sbb:

1. Aidil

2. Rizky Amanda Mrp

3. Ismadoni

4. Dimas Hantaran

5. Dwy Andika

6. Lufky Ananda

7. Muhammad Al Mirza

8. Muhammad efta putra Wanda

9. M. Kusti Agil 

10. Aan Purnawirawan

11. Rifkan Al Ayyufi

12. Nazril Aditya

Kemudian pemberian bingkisan kepada para guru pembina yang mendapat hadiah yang diserahkan oleh kepala Dinas Pendidikan Labura yang diwakili oleh, Sri Yulianti Simarmata,S.Pd,

1. Pelatih renang, guru PJOK. LUTHER BORNOK PANDAPOTAN,S.Pd

2.Pelatih sepak bola, petugas perpustakaan sekolah MUHAMMAD IQBAL 

3. Memperoleh 12 Sertifikat pada pelatihan Mandiri MAYA KUMALA SARI,S.Pd.I

(Eko S Rino) 

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami