Janses Simbolon Sosialisasikan Perda Sistem Kesehatan Kota Medan


Medan, bidikkasusnews.com - Anggota DPRD Kota Medan, Janses Simbolon sosialisasikan Perda (Sosper) Nomor 4 Tahun 2012 tentang sistem kesehatan Kota Medan, Senin (29/1).

Kegiatan yang berlangsung pada areal tanah kosong di Jalan Pulau Bangka, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan tersebut, dihadiri 700 warga Kecamatan Medan Labuhan dan Medan Marelan sekitarnya.

Dalam kegiatan itu, tim sosialisasi anggota DPRD Medan tersebut memaparkan, sesuai Perda Kota Medan Nomor 4 tahun 2012, pembangunan kesehatan merupakan tanggungjawab bersama, pemerintah, swasta dan masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan setinggi-tingginya bagi pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia.

Disebutkan, Sistem Kesehatan Kota Medan (SKK) merupakan pedoman penyelenggaraan pembangunan kesehatan di wilayah Kota Medan, dilaksanakan pemerintah daerah swasta dan masyarakat.

Selain itu, SKK juga untuk mewujudkan pembangunan kota berwawasan kesehatan, meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang aman, adil terjangkau, terbuka bagi masyarakat dan meningkatkan akses masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan, serta mewujudkan kemandirian daerah dalam bidang kesehatan.

Pemerintah daerah bertanggungjawab terhadap pengelolaan pelayanan kesehatan dasar, yang secara operasioanl dilaksanakan oleh dinas melalui Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan UPT Dinas, sedangkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) merupakan pusat rujukan bagi seluruh sarana kesehatan pemerintah, dan rumah sakit swasta juga dapat menjadi rujukan bagi pelayanan kesehatan.

Disebutkan, sesuai Perda Kota Medan Nomor 4 tahun 2012 pemerintah daerah berkewajiban membiayai seluruh upaya kesehatan untuk terselenggaranya pelayanan kesehatan yang aman, adil, terbuka dan terjangkau bagi masyarakat, serta mendorong swasta dan masyarakat agar berperan aktif secara mandiri mengatasi pembiayaan usaha kesehatan perorangan dan usaha kesehatan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, anggota DPRD Medan dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu juga memberikan bingkisan kepada 700 warga yang hadir. (Ariansyah Lubis)

Artikel Terkait

Berita|Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami