KPU Kab. Samosir Laksanakan Simulasi Pemungutan, Penghitungan Dan Pengumuman Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) Pada Pemilu Tahun 2024

Samosir, bidikkasusnews. Com - Sebagai tahapan terakhir dalam seluruh tahapan Pemilu, hari ini Selasa, 30-1-2024 KPU Kab. Samosir melaksanakan Simulasi pelaksanaan pemungutan, penghitungan dan pengumuman sistem informasi rekapitulasi (SIREKAP) pada pemilu tahun 2024 yang tidak lama lagi akan dilaksanakan yakni 14 Februari 2024.

Turut hadir Ketua KPU Samosir Vincent Sitinjak dan para komisioner KPU lainnya, mewakili ketua Bawaslu Samosir Rita Kordiyana Bakara, Kapolres Samosir di wakili Kabagops Kompol Hasan dan Kapolsek Palipi AKP Parlindungan Sinaga, turut hadir Pabung 0210 TU G. Sebayang dan para PPK dari sembilan kecamatan se kabupaten Samosir dan para petugas PPS, KPPS.

Panitia pelaksana dalam kegiatan ini memberi kesempatan kepada institusi terkait dan pemerintah untuk memberi sambutan yang dimulai oleh Kapolsek Palipi AKP Parlindungan Sinaga sebagai yang mengwakili Kapolres Samosir.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan ajakan kepada seluruh masyarakat untuk mendukung dan menjaga pelaksanaan pesta demokrasi yang akan berlangsung pada Rabu, 14 Februari 2024 yang akan datang.

Khusus untuk pelaksanaan Simulasi hari ini kami berharap kegiatan ini akan berlangsung dengan baik dan lancar dari pembukaan sampai berakhirnya nanti, karena kegiatan ini sangat penting.

Mengapa pelaksanaan simulasi ini sangat penting, karena dengan simulasi ini maka masyarakat akan  mengetahui bagaimana tata cara dalam pelaksanaan pemungutan suaranya pada hari H nanti, dari cara mencoblos, dan cara penghitungan hasilnya sampai pada pelaporannya. 

Agar pesta pemilu tahun ini dapat berjalan dengan sangat baik dengan hasil yang sangat baik pula," demikian pungkasnya.

Demikian Pabung 0210 TU Kapt G. Sebayang turut menyampaikan ajakan pada masyarakat agar 14 Februari ini. Disampaikan,"agar seluruh masyarakat yang sudah memiliki hak pilih dan telah terdaftar di DPT untuk hadir di TPS dan memberikan hak suaranya.

Tak lupa beliau kembali menegaskan komitmen TNI untuk menjunjung netralitas pada pesta demokrasi ini," demikian disampaikan.

Komisioner KPU Divisi Teknis Citra Simbolon saat membuka simulasiyang diawali dengan pelaksanaan pengambilan sumpah oleh seluruh Panitia Pemungutan suara (PPS, KPPS) dan seluruh perangkat pendukung yang terlibat di tempat pemungutan suara(TPS).

Juga dilokasi pelaksanaan simulasi, awak media bidikkasusnews.com mencoba meminta beberapa keterangan dari Ketua KPU Kab. Samosir bapak Vincent Sitinjak.

Diantaranya, sudah sejauh mana persiapan oleh KPU Kab. Samosir sebagai pelaksana Pemilu yang akan dilaksanakan tigal beberapa hari kedepan.

Disampaikannya,"sampai saat ini KPU Samosir suduh melakukan seluruh tahapan sebagai mana diatur di UU No. 7 tahun 2017 yang mengatur seluruh tahapan pemilu yang dilakukan selam 20 bulan dimulai sejak 14 Juni 2022 yang lalu.

Sampai hari ini, yakni dalam pelaksanaan simulasi ini, dapat kami sampaikan bahwa dua komponen penting dalam pelaksanaan pemilu ini yakni pertama kesiapan para petugas (KPPS, PPS) yang sudah mencapai 100%, sedangkan yang kedua adalah Logistik (Kotak Suara, Surat Suara dan Seluruh kelengkapan didalamnya termasuk lembar penghitungan dan pelaporan hasil pemungutan suara) yang sampai hari ini dapat kami laporkan sudah mencapai 95%, disisa waktu yang masih ada, kita berharap itu akan segerah terlengkapi sampai 100%," demikian disampaikannya.

(Bast

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami