H Ibnu Hajar : Aqidah Menurut Fitra Adalah Landasan Keimanan Dalam Kehidupan

Tanjung Morawa, bidikkasusnews.com - Camat Tanjung Morawa H Ibnu Hajar S.Sos yang juga seorang Ustadz ternama di Kabupaten Deli Serdang menjadi Khatib dan Imam shalat Jumat di Masjid An Nimah pada Jumat, (26/4/2024).

Dalam kutbah Jumat, ia mengatakan bahwa Sebagai seorang umaro atau pejabat negara, banyak hal positif yang didapat dilakukan seperti kegiatan safari jum'at. Selain sebagai wadah dalam mengeratkan tali silaturahmi antar sesama saudara seiman, Safari Jum'at yang digelar juga bertujuan untuk mencari tau apa yang menjadi kebutuhan umat.

" Tidak hanya menjalin silaturahmi saja namun melalui safari jum'at juga bertujuan untuk melihat langsung kondisi masyarakat terutama yang berkaitan dengan ukhuwah, " imbuh Ustadz Ibnu Hajar.

" Hadirin sidang Jumat yang di mulia kan Allah, Fitrah yang istilah arab berarti asal kejadian, kesucian, dan agama yang benar. Fitrah dengan arti asal kejadian bersinonim dengan kata ‘ibda’ dan khalq, " sebut Ibnu Hajar.

" Fitrah manusia atau asal kejadiannya sebagaimana diciptakan Allah SWT, menurut ajaran Islam adalah bebas dari noda dan dosa seperti bayi yang lahir dari perut ibunya. Fitrah dengan arti asal kejadian dihubungkan dengan pernyataan seluruh manusia ketika berada di alam arwah yang mengakui ke Tuhanan Allah SWT, " jelas Ustadz ternama tersebut.

" Seperti yang digambarkan dalam surat al-A’raf:172-173, Istilah aqidah. Istilah akidah tentu saja bukan istilah yang asing dalam pengetahuan islam.Bisa dibilang, pemahaman mengenai akidah adalah landasan dari ajaran islam. Sehingga, setiap orang yang mengaku sebagai muslim, harus memiliki akidah yang benar, " paparnya.

Lebih lanjut dikatakan nya bahwa aqidah menurut fitrah adalah landasan keimanan dalam kehidupan yang menjadi penuntun dan arah hidup agar menjadi umat yang taat akan perintah dan larangan Allah SWT.

" Fitrah Akhlaqul Karimah, sebutan akhlaqul karimah atau akhlak al karimah artinya adalah akhlak yang mulia. Akhlaqul karimah kadang disebut juga dengan akhlak mahmudah atau akhlak terpuji, tambah Ustadz Ibnu Hajar.

Masih Ibnu Hajar " Akhlaq berasal dari kata Al-Huluq yang berarti tabiat, budi pekerti, kebiasaan. Secara istilah akhlaq berarti sesuatu yang melekat pada jiwa manusia yang dari padanyalah lahir perbuatan ".

" Jamaah Masjid An Nimah yang dimulia kan Allah, Dengan penjelasan ini sesungguhnya tidak ada lagi alasan bagi muslim untuk tidak menerapkan akhlaqul karimah disebut juga dengan tingkah laku baik tiap saat, " sebut Ustadz Ibnu Hajar.

" Fitrah Ibadah dalam Surat Al-Baqarah Allah SWT berfirman: Wahai manusia, beribadahlah kamu kepada Tuhanmu yang menciptakan kamu dan orang-orang sebelum kamu supaya kamu bertakwa.Dialah yang menjadikan bagi kamu bumi ini sebagai hamparan dan langit sebagai bangunan. Dan ia turunkan dari langit air dan ia keluarkan dari air itu buah-buahan yang merupakan rizki bagi kamu, " lanjut nya.

" Maka janganlah kamu menjadikan bagi Allah tandingan-tandingan-Nya. Padahal kamu mengetahuinya. Dan ia turunkan dari langit air dan ia keluarkan dari air itu buah-buahan yang merupakan rizki bagi kamu. Maka janganlah kamu menjadikan bagi Allah tandingan-tandingan-Nya. Padahal kamu mengetahuinya ".

" Di ujung ayat 22 surat Al-Baqarah ini, Tuhan mengingatkan kita untuk tidak meng­ambil sesuatu selain Allah sebagai tandingan-Nya. Janganlah memperlakukan selain Allah sesuatu sama seperti kita memper­lakukan Allah ".

" Dari beberapa kitab Tafsir kita mengetahui bahwa musyrik kepada Allah bukan saja menganggap ada berhala lain selain Allah. Musyrik tidak saja berarti mempercayai ada banyak Tuhan, tapi musyrik juga berarti memperlakukan selain Allah seperti kita memperlakukan Allah. Seharusnya hanya Allah yang harus kita sembah, tetapi kita juga mentaati secara buta kepada hawa nafsu kita. Kita telah memperlakukan hawa nafsu sama dengan kita memperlakukan Tuhan, " tutup Ustadz Ibnu Hajar.

(Tumenggung)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami