Ustadz Bima : Menjaga 8 Hubungan Baik

Tanjung Morawa, bidikkasusnews.com - Idul Fitri merupakan momen kemenangan bagi umat muslim. Kemenangan ini datang setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan lamanya.

Demikian kalimat pembuka yang disampaikan Ustadz Bima Maha dalam kutbah nya selesai melaksanakan shalat Idul Fitri 1445 H di Masjid Al Hilal Dusun 8 Desa Wonosari Kecamatan Tanjung Morawa Rabu, (10/4/2024).

" Idul Fitri berarti kesucian, karena seseorang dilatih untuk menyucikan diri secara fisik dan mental selama bulan Ramadan dengan harapan bahwa Allah Swt akan mengampuni dosa-dosanya, sehingga mereka suci lahir dan batin, " terang Ustadz Bima.

Selain dari pada itu, guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT di bulan Syawal ini, lanjut Ustadz Bima, ada hal yang penting yakni dengan Menjaga 8 hubungan baik.Apa saja itu, 

1. Hubungan baik kepada Allah ( Wa Bu Dullah)

2. Hubungan baik dengan kedua orang tua, Birli wali wali daini ihsana.

3. Hubungan baik kepada kerabat dekat.( Abang kandung, kakak kandung, adik kandung dan sepupu kandung).

4. Menjaga hubungan baik dengan anak yatim.

5. Menjaga hubungan baik dengan orang miskin.

6. Menjaga hubungan baik dengan tetangga dekat.

7. Menjaga hubungan baik dengan tetangga jauh.

8. Menjaga hubungan baik dengan fisabilillah.

" Dalam Islam, hubungan manusia dengan Allah disebut sebagai Hablum Minallah. Artinya, ini adalah hubungan yang baik kepada Allah. Hubungan ini tentu mengatur manusia dengan Allah dalam hal ibadah.Hablum Minallah juga diartikan sebagai suatu bentuk peribadahan yang bikin manusia lebih dekat dan senantiasa mengingat penciptanya, " paparnya.

Lebih lanjut dikatakan nya bahwa menjaga hubungan dengan Allah (hablum minallah) dan menjaga hubungan antar sesama manusia (hablum minannas) merupakan hal yang sangat penting bagi seorang hamba yang menginginkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Menjaga hablun minallah tentu saja dilakukan dengan memaksimalkan ibadah kepada-Nya dengan mempelajari dan mengamalkan segala konsekuensinya.

Masih Ustadz Bima " Shalat merupakan salah satu cara manusia dalam membentuk hubungan baik dengan Allah. Hubungan manusia dalam shalat sebagai hamba Allah. Melalui shalat, tujuan hubungan yang diharapkan tercapai ialah pencegahan manusia dari perbuatan keji dan mungkar yang berasal dari potensi kejahatan dalam diri manusia ".

Dari apa yang disampaikan oleh Ustadz Bima, menjaga 8 hubungan baik tersebut diatas, kiranya dapat dijalankan sesuai perintah Alquran dan hadist.

(Tumenggung)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami