Kepala Desa Sintuban Makmur Ajak Pemuda Diskusi Peran Penting Pemuda Dalam Membangun Desa

Aceh Singkil, BidikKasusNews.Com- Kepedulian unsur pemuda bersama Kepala Desa dalam membangun desa. Inisiasi kegiatan ini berasal dari Kepala desa sintuban makmur Kecamatan danau paris Kabupaten aceh singkil provinsi aceh yang mengajak unsur pemuda dan lembaga desa yang dihadiri oleh para tokoh desa dan prangkat desa dalam  menyelenggarakan diskusi bareng terkait, “Peran Penting Pemuda Dalam Membangun Desa 

Tema pemuda garda terdepan sebagai agen perubahan karena Pemerintah Desa yakin bahwa kebijakan Pemerintah tidak akan berjalan maksimal dan efektif apabila unsur pemudanya tidak mau terlibat langsung di dalamnya. Pemuda identik dengan sikap kritis dimana kegiatan yang berasal dari bawah akan mudah tercapai karena kesadaran bersama yang diinisiasi oleh segenap lapisan masyarakat dengan penggerak utama adalah Pemuda.

Unsur pemuda menjadi peluru utama yang mesti digaungkan oleh setiap desa. Hal ini dikarenakan era saat ini yang disebut digitalisasi adalah dunia anak muda yang mana perkembangannya dimiliki oleh generasi milenial saat ini. Desa sintuban makmur yang dalam hal ini memiliki program menuju Desa yang bermartabat memerlukan banyak dukungan khususnya dari generasi mudanya untuk menggali potensi desa yang dimiliki baik dari Sumber Daya Manusia (SDM) maupun kegiatan yang bernuansa positif. 

Menurut Rudi HM selaku pemantik diskusi dalam pertemuan tersebut menyatakan bahwa peran pemuda dalam desa perlu dihidupkan kembali dengan melalui kegiatan maupun perencanaan yang jelas. Pemuda menjadi asset yang tidak ternilai dengan pemikiran yang out of the box.Dan pemuda juga berperan aktif menjaga ketertiban serta kenyamanan suatu wilayah khususnya desa sintuban makmur. 

Hasil dari pertemuan tersebut yaitu menghidupkan kembali geliat semangat anak muda bersama para mahasiswa dan pelajar,maupun remaja dalam basik kepemudaan. Selain itu, juga akan dibentuk wadah oleh Desa bernama IPSM dimana diisi oleh perwakilan pemuda dari lima dusun wilayah Hukum Desa Sintuban Makmur bersinerji dalam membangun kampung. 

Irwansyah Putra Sambo, SH sebagai kepala Desa sintuban makmur menyatakan bahwa tantangan desa kedepan tidak mudah, dalam menjawab tantangan tersebut dibutuhkan peran aktif pemuda. Hal ini sangat disadari oleh pemerintah desa, sehingga upaya yang dilakukan dengan menjalin sinergi bersama pemuda desa  untuk membangun desa melalui potensi yang dimiliki, baik melalui cabang olahraga, ekonomi, seni budaya, agama, pendidikan dan serta banyak permasalahan lainnya menyangkut ketertiban umum." Ucap kepala Desa Kepada Awak Media ini tanggal 2/7/2024.

Kegiatan ini di tanggapi baik oleh Ketua pemuda sintuban makmur(ipsm) Binawan nasotion menyatakan. Selain dapat menghidupkan kembali kegiatan pemuda juga dapat menjalin kebersamaan antar sesama warga/masyarakat dan instansi lainnya guna mewujudkan desa kita sebagai salah satu daerah perkebunan,pertanian dan nelayan serta ada juga HGU kebun kelapa sawit . Melalui kegiatan pemuda kami berupaya mewujud knkrit ide maupun gagasan yang dapat membantu desa Sintuban Makmur untuk terus berkembang dan terus berinovasi"Tutupnya.

(Muklis)

Artikel Terkait

Aceh|Berita|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami