PTPN IV, Kerja Keras Tanggulangi Dampak Banjir Dikawasan AFD III Marihat

Simalungun, bidikkasusnews.com - Sinergitas antara pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah kabupaten Simalungun dengan perusahaan perkebunan PTPN IV dalam menangani serta menanggulangi dampak banjir yang terjadi di wilayah kecamatan tanah Jawa, persisnya di wilayah kerja kebun Marihat PTPN IV,  (17/10/2019, lalu terus dilakukan.

Sebagaimana kesepakatan bersama dalam sinergitas antara pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah kabupaten Simalungun dan PTPN IV, perusahaan perkebunan milik negara itu,  terus berusaha melakukan pengendalian dampak banjir dan upaya rehabilitasi secara simultan.

Menurut hasil amatan di lapangan, hingga saat ini  PTPN IV melalui tim kerjanya terus melakukan pembangunan sodetan di beberapa titik, termasuk di kawasan Afdeling IV  Balimbingan yang sodetannya bermuara  ke Sungai Bah Birong dan Bah Kasinder

Kemudian melakukan pengerjaan sodetan di Afdeling III di Kebun Marihat, yang muara sodetannya ke sungai bah birung/sungai andarasi.
Hanafi Purba selaku ketua Tim penanggulangan banjir yang terjadi di wilayah kerja kebun Marihat, saat di temui dikawasan sodetan afdeling III kebun Marihat, sabtu, 21 Desember 2019 menjelaskan, bahwa pengerjaan pembangunan sodetan untuk menangani masalah banjir di wilayah kebun Marihat terus dilakukan.

Kepada wartawan, Hanafi Purba mengatakan, pembangunan Sodetan di areal afdeling IV kebun Balimbingan sudah mulai rampung, demikian juga sodetan di afd III kebun Marihat yang panjangnya sekitar 1.300 meter, saat ini sudah tembus sampai ke sungai bah birung/sungai andarasi

Namun kata Hanafi, sodetan di areal Afd III kebun marihat itu akan dilengkapi dengan pemasangan Box Culvert yang saat ini sedang dikerjakan. Memang sebelumnya ada Box Culvert lama, namun Direksi PTPN IV menginginkan pembangunan sodetan yang kualitasnya maksimal sehingga pembangunan sodetan dilengkapi dengan Box Culvert baru dan saat ini sedang dikerjakan kata ketua tim penanggulangan banjir Marihat tersebut.

Masih menurut Hanafi Purba, Penanganan dan penanggulangan dampak banjir yang terjadi beberapa waktu lalu terus dilakukukan  oleh PTPN IV,  sesuai kesepakatan dalam sinergitas terbangun antara pemerintah provinsi sumatera Utara, pemerintah kabupaten Simalungun dan perusahaan perkebunan PTPN IV beberapa waktu lalu.

Menurut penjelasan yang di terima dari ketua tim penanggulangan banjir di wilayah kebun marihat, dalam waktu dua atau tiga hari ke depan, PTPN IV juga akan membangun sodetan di afd IV kebun marihat yang fungsinya untuk antisipasi luapan air irigasi yang ada di kawasan tersebut.

Sodetan ini nantinya akan bermuara ke sungai bah kasindir dan fungsinya sebagai antisipasi luapan air irigasi.  Ingat, untuk antisipasi atau menjaga andaikata air irigasi yang ada di wilayah itu meluap karena musim penghujan kata Hanafi.

Dalam pada itu, menurut catatan yang dihimpun, guna melihat langsung penanganan dan penanggulangan dampak banjir yang terjadi pada tanggal 17/10/2019 lalu,  anggota DPRD provinsi sumatera Utara dari komisi D, beberapa waktu lalu telah melakukan kunjungan langsung ke lokasi banjir guna melihat langsung penanganan penanggulangan banjir serta pembangunan sodetan yang dilakukan oleh PTPN IV.
(M Said Nst/Ansary Nst)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami