Anggaran Besar Terkesan Mubazir, Pemko Medan Gagal Atasi Covid-19

 Medan, bidikkasusnews.com - Pemko Medan dinilai gagal mengatasi penyebaran wabah global Covid-19. Padahal anggaran yang dialokasikan untuk itu sangat besar. Seperti diketahui, Pemko Medan menganggarkan Rp500 miliar yang sebagian diambil dari Refocusing anggaran dinas-dinas untuk menangani Covid-19. Jumlah itu belum termasuk anggaran yang diterima Pemko Medan dari bantuan pusat, bantuan pihak ketiga hingga bantuan dari masyarakat.

Namun dengan anggaran sebesar itu, nyatanya Kota Medan belum bisa melepas predikat Zona Merah Covid-19. Lebih menyedihkan lagi, korban meninggal akibat virus ini terus bertambah.

Pansus Covid-19 dari DPRD Medan, Roby Barus jelas-jelas kecewa dengan kinerja Pemko Medan untuk penanganan Covid-19. “Kami jelas kecewa sama Pemko Medan untuk masalah covid ini. Kami melihat mereka tidak punya konsep untuk penanganan. Tidak ada ketegasan juga. Bahkan perwal yang sudah dibuat tidak diawasi pelaksanaannya,” kata Roby Barus, Kamis (3/9/2020).

Buntut ketidaktegasan dalam pengawalan Perwal, kata Roby mengakibatkan angka sebaran orang yang terpapar terus bertambah. “Perangkat yang ada tidak dimaksimalkan. Seperti dibiarkan saja, akhirnya angka terpapar terus meningkat. Jelas Pemko Medan gagal,” lanjut politisi PDI-P itu.


Roby katakan Pemko Medan meminta tambahan anggaran lagi untuk menangani Covid-19. Tak tanggung, Pemko Medan minta tambahan dana hingga nyaris satu triliun. “Kami menerima permintaan tambahan untuk anggaran sekitar Rp900 miliar. Ini jelas belum bisa digubris.

Dari anggaran yang sudah ada, Roby bahkan menduga terjadi tindak pidana dalam penyerapan anggaran. “Kami menduga memang ada potensi penyelewengan disini. Jelas kami akan awasi dan minta laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran Covid-19,” kata Roby lagi.

Bahkan pihaknya kata Roby akan meminta aparat hukum untuk ikut mengawasi dan memeriksa dugaan penyelewengan anggaran Covid-19 yang dikelola Pemko Medan. “Itu bagian dari rekomendasi kami akan usulkan penawasan dan penyelidikan penggunaan anggaran,” bebernya.

Hal senada disampaikan anggota DPRD Medan dari Partai Hanura, Hendra DS. Hendra menyoroti kinerja Pemko Medan dalam penanganan Covid-19.

Kata Hendra DS, apa yang dilakukan Pemko Medan tidak sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. “Pemko Medan gamang dalam menangani kasus Covid ini. Terlihat dengan kawasan zona merah yang tak bisa diatasi sampai saat ini. Seluruh kecamatan sekarang masih zona merah,” kata Hendra DS. (Ayu)

Artikel Terkait

Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami