Dugaan Pungli Pada Program PTSL dan Redistribusi Tanah


Kutacane, bididkkasusnews.com – Isu miring mewarnai program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Redistribusi Tanah pada Badan Pertanahan Nasional, dugaan adanya pungli didalam pengurusan sertifikat tanah secara gratis tersebut menjadi buah bibir dikalangan masyarakat yang mendapatkan bantuan program tersebut.

Hasan salah satu penerima program sertifikat gratis disalah satu desa dikecamatan Bambel mengatakan bahwa dia mengeluarkan sejumlah uang didalam pengurusan sertifikat gratis tersebut, malahan dia merasa heran kenapa dia harus mengeluarkan sejumlah uang sementara program tersebut adalah gratis.

Ketika hal tersebut dipertanyakan kepada kepala kantor BPN Aceh Tenggara Erpendi. S.H diruangannya Rabu (17/03) membantah isu miring tersebut, saya memang sudah mendengar isu tersebut, namun saya selaku kepala BPN Aceh Tenggara membantah dengan keras dugaan pungli tersebut, tidak benar bahwa BPN ada mendapat bagian dari hasil kutipan apapun. Memang ada perjanjian dari 3 (tiga) Menteri yang manyatakan boleh dilakukan pengutipan namun pengutipan itu dilakukan oleh pihak kepala desa dan harus melalui hasil musyawarah dengan masyarakat desa yang mendapatkan program sertifikat gratis dan nilainya tidak boleh lebih dari Rp 250 ribu, kegunaan uang tersebut pembelian Materai,surat menyurat dan kepentingan selama pengurusan PTSLtersebut terang beliau.

Selanjutnya beliau menerangkan bahwa Program PTSL yang gratis tanpa dipungut biaya apapun adalah sertifikatnya, dan program tersebut menyebar di 6 (enam) kecamatan diantaranya kecamatan Lawe Sigala-gala, Bambel, Deleng Pokhison, Lawe Bulan, Babul Makmur dan Leuser. Dari 6 (enam) kecamatan tersebut dilakukan 11240 Pemetaan Bidang Tanah (PBT) yang mana nantinya akan menerbitkan sebanyak 2500 sertifikat tanah dari 35 desa yang ada.

(Noris Ellyfian S.Pd)

Artikel Terkait

Aceh|Berita|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami