Musrenbang Tingkat Kabupaten Samosir Dibuka Plh. Bupati Dan Dihadiri Bupati/Wakil Bupati Terpilih


Samosir, bidikkasusnews.com - Pemerintah Kabupaten Samosir menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, bertempat di Aula Hotel JTS Parbaba, Pangururan. 

Musrenbang yang mengambil Tema: Peningkatan Kualitas SDM dan Percepatan Pemulihan Perekonomian Masyarakat, akan digelar selama dua hari, Kamis- Jumat (25-26 Maret 2021), dan dilaksankan secara Hybrid (Pertemuan tatap muka dan Virtual Zoom Meeting).

Ketua Panitia yang juga Kepala Bappeda Kabupaten Samosir, Rudi SM Siahaan menyampaikan adapun tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2022 ini adalah:
1.Menyelaraskan program dan kegiatan prioritas di Kabupaten Samosir yang sudah disusun berdasarkan RPJPD 2005-2025, rancangan awal RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022, dan rancangan awal rencana kerja Pemerintah Nasional Tahun 2022, dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan.

2.Mempertajam indikator dan kegiatan prioritas sesuai dengan RPJPD Tahun 2005-2025.

3.Menyepakati prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja pembangunan daerah Tahun 2022 dan pendanaannya.

Lanjutnya, RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2022 merupakan RKPD tahun transisi, dalam penyusunannya mengacu kepada PERDA Kabupaten Samosir Nomor 3 Tahun 2006 tentang RPJPD Kabupaten Samosir Tahun 2005-2025, evaluasi RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2021, Prioritas pembangunan Nasional dalam rencana RKPD 2022 dan isu-isu strategis yang berkembang saat ini dan prediksi dimasa yang akan datang baik di daerah regional, nasional maupun secara global, dan yang terakhir program strategis Bupati dan Wakil Bupati Samosir terpilih periode 2021-2024. 

Ketua DPRD Kabupaten Samosir Saut Martua Tamba, mengapresiasi pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2022 dan mengharapkan seluruh stakeholder yang hadir dapat memberikan pemikiran yang terbaik dengan niat yang tulus untuk keberhasilan proses pembangunan di Kabupaten Samosir melalui pembahasan RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2022.


Gubernur Sumatera Utara dalam sambutan dan arahan tertulisnya yang disampaikan Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara, Ir. Bambang Pardede, M. Eng, mengapresiasi terselenggaranya Musrenbang penyusunan RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2022 yang merupakan proses perencanaan pembangunan yang dilaksanakan di daerah dalam memenuhi Amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Gubsu juga menegaskan bahwa RKPD mempunyai kedudukan, peran dan fungsi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintah daerah yang secara formal menjadi landasan penyusunan kebijakan umum APBD, dan secara faktual menjadi alat ukur /instrumen evaluasi untuk mengukur capaian kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Secara kewilayahan arah kebijakan pembangunan pembangunan wilayah Sumatera Utara ditujukan pada: mempercepat pemulihan dampak Pandemi Covid-19; melanjutkan transformasi sosial ekonomi untuk meningkatkan rantai produksi dan rantai nilai daerah; mengoptimalkan keunggulan kompetitif wilayah dan dan meningkatkan pemerataan kualitas hidup antar wilayah. Semoga dengan penyelenggaraan Musrenbang ini, program yang dirumuskan dapat lebih konstruktif dalam mengatasi permasalahan saat ini guna meningkatkan kesehjateraan masyarakat menuju Sumatera Utara yang Maju, Aman dan Bermartabat” tutupnya.

Plh.Bupati Samosir Drs. Jabiat Sagala, M. Hum dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2022, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi yang telah mengalokasikan berbagai program pembangunan di Kabupaten Samosir. 


"Semua keberhasilan yang dicapai adalah berkat Rahmat Tuhan YME dan kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh aparatur lintas pemerintahan, dan khususnya jajaran Pemkab Samosir dari semua tingkatan dari mulai desa, kelurahan, Kecamatan yang didukung penuh oleh DPRD Kabupaten Samosir, FKPD dan seluruh elemen masyarakat," ujar Jabiat Sagsla.

Lebih lanjut Plh Bupati Samosir menjelaskan bahwa dalam rangka percepatan visi RPJPD Kab. Samosir Tahun 2005-2025 yaitu Samosir menjadi daerah tujuan wisata internasional 2025, betapa pentingnya pembangunan Sektor Pariwisata, Pertanian dan UMKM untuk diprioritaskan Tahun 2022, dalam rangka pemulihan perekonomian masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19, mengingat sektor inilah yang menjadi penggerak perekonomian di Kabupaten Samosir.

Lanjutnya, Secara simultan juga sektor pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas kita untuk peningkatan SDM Masyarakat Samosir, atas dasar itulah Tema RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2022 adalah Peningkatan Kualitas SDM dan Percepatan Pemulihan Perekonomian Masyarakat.

Setelah acara pembukaan, Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir ini dilanjutkan dengan acara pemaparan dari narasumber yaitu Instansi Pemerintah Pusat, Bappeda Provinsi Sumatera Utara, BPS Kabupaten Samosir dan dilanjutkan dengan diskusi umum.

(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami