Pembangunan Lampu Jalan Dengan APBN Yang Besar Namun Sampai Saat Ini Tak Menyalah, Masyarakat Simanindo Mempertanyakan



Samosir, bidikkasusnews.com - Kabupaten Samosir salah satu tujuan wisatawan di Indonesia, masuk dalam program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Dalam menunjung hal tersebut, pemerintah pusat melakukan berbagai pembangunan fisik dan non fisik guna mendukung kemajuan pembangunan tersebut.

Namun program dan perencanaan pembangunan yang didengungkan pemerintah pusat, tidak seperti harapan.

Melani Butar-butar pemerhati pembangunan dan pengelola Geo Site Ambarita, Tomok, Tuk tuk yang tinggal di desa Ambarita dan Ridwan Sinaga warga desa Ambarita kecamatan Simanindo sangat menyesalkan program pemerintah pusat di pembangunan trotoar khusus pejalan kaki.

Karena pembangunan pemasangan lampu jalan hingga saat ini tidak tuntas, di trotoar hingga seperti pajangan.

Melani Butar-butar mengatakan sangat apresiasi atas perhatian Presiden Jokowi, atas perhatiannya dalam pembangunan kawasan danau toba di kabupaten samosir melalui kementerian terkait, untuk amenitas dengan pembangunan jalan nasional keliling Samosir.

Khusus Geosite Amabrita Tuk tuk Tomok (Amtuto) ada pembangunan trotoar dilengkapi dengan pemasangan lampu jalan. Pembangunan jalan lingkar Tuk Tuk dan trotoar, lampu jalan menelan biaya miliaran rupiah," ujar Melani kepada awak media Rabu 29-7-2021.

Lebih lanjut, Melani mengatakan jika melihat hasil pembangunan yang dilaksanakan, banyak yang kecewa dan mempertanyakannya hasil kerja dipelaksanaanya dan hal tersebut dapat dilihat dilapangan lokasi perkerjaan.

“Trotoar dan pedesterian masih banyak yang belum selesai. Lampu jalan ditengah trotoar tidak nyala, lokasi tetap gelap,” kata Melani.

Sebetulnya pihak terkait harus paham bahwa proyek ini bagian dari KSPN dan DPSP, harus bermutu, berfungsi, bermanfaat dan tuntas.

“Kita kurang tau apakah sudah serah terima atau belum? Apakah proyek tahun 2020 ini sudah selesai atau akan menjadi proyek mangkrak ? sekarang sudah memasuki bulan Juli 2021. Tolonglah dituntaskan dan diresmikan pekerjaan tersebut, guna mendukung kepariwisataan, nantinya dapat menambah penghasilan masyarakat dalam ekonomi kreatif,” ucapnya.

Ridwan Sinaga, salah satu tokoh muda yang tinggal di Ambarita juga merasakan kekecewaan pembangunan trotoar dan lampu jalan.

Kita sangat menyesalkan kinerja pembangunan proyek nasional ini. Pembangunan trotoar di Ambarita dan Tuktuk yang juga akan dipasang lampu jalannya, hingga kini kita tidak pernah menikmati penerangan lampu jalan,” kata Ridwan.

“Apakah ini mutu kerja yang anggarannya dari APBN dengan jumlah miliaran? " sebut Ridwan Sinaga.

Dia punya harapan agar pekerjaan tersebut cepat diselesaikan untuk mendukung kemajuan pariwisata Samosir khususnya di kecamatan Simanindo, serta dapat dinikmati masyarakat.

(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami