Ketika Panen Bawang, Bupati Berniat Fungsikan Perusda Solinda



Kabupaten Solok, Bidikkasusnews.com – Panen Raya Bawang Merah Birma dari Kelompok Tani Taeh Hamparan, di Jorong Linjuang Tinggi Nagari Koto Gaek Gugak, Kecamatan Gunung Talang dihadiri langsung oleh Bupati Solok H. Epyardi Asda, M.Mar. 

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Epyardi mengatakan, bahwa Penyuluh Pertanian akan  diaktifkan secara betul-betul. Karena, Penyuluh ini merupakan pembimbing para petani. Sebagai daerah agraris, pertanian adalah salah satu program unggulan Kabupaten Solok. Menurut bupati, Wali Nagari bersama dengan kelompok tani, nanti akan diizinkan untuk melakukan studi banding tentang pertanian ke Brebes. Dan akan dibiayai oleh pemerintah. “Dengan harapan, nantinya bisa melihat disitu, bagaimana cara bertani bawang merah. Dan untuk kekurangan yang ada ujar Bupati, nantinya akan dipenuni oleh pemerintah daerah”,ujarnya.

Lebih jauh, Bupati Epyardi menghimbau kepada masyarakat untuk memberikan data data kelompok tani yang ada, paling lambat tanggal 20 maret 2022 ke Pemda. “Harapan saya, kelompok tani ini benar benar petani, agar bantuan bantuan untuk pertanian bisa tepat sasaran " ucapnya. 

Harapannya, semoga petani petani di Kabupaten Solok ini, betul betul bisa merasakan betapa enaknya jadi petani.  Kemudian ia menginstruksikan Dinas Koperindag bersama dengan Asisten, untuk mengunjungi daerah daerah yang bisa untuk bekerja sama dengan kita di sektor pertanian. Dan untuk pupuk subsidi kata Bupati Epyardi, nanti akan dikelola langsung oleh perusahan Solinda. Dan akan di distribusikan ke Bumnag atau Gapoktan, yang ada di Kabupaten Solok ini. "Dimasa kepemimpinan saya, saya berjanji insya Allah agar saya bisa memberi manfaat bagi masyarakat Kabupaten Solok " tutur Bupati Epyardi Asda.

Wali Nagari Koto Gaek Guguak, Mardi Henderson kepada wartawan di kantornya di Koto Gaek Senin (28/2/2022) sangat mengapresiasi kehadiran Epyardi Asda dan rombongan, yang telah hadir dalam rangka panen raya bawang merah di Nagari Koto Gaek Guguak.

Mardi menyebutkan bahwa, kelompok Tani taeh Harapan, sudah mulai menanam Bawang merah di lokasi itu, sekitar 1,5 tahun yang lalu. “Alhamdulillah, pada hari ini bisa mengadakan acara panen raya bawang merah Birma, yang berumur 75 hari di Nagari Koto Gaek ini”,ucap Mardi bergelar Datuak Sampono yang pernah menjadi Kepala Perwakilan Sumbar Surat Kabar Suara Kita ini. 

(Mak Itam)

Artikel Terkait

Berita|Sumbar|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami