WAKIL BUPATI SAMOSIR PIMPIN REMBUK STUNTING TINGKAT KAB.SAMOSIR



Samosir, bidikkasusnews.com - Wakil Bupati Samosir Drs.Martua Sitanggang,MM membuka sekaligus memimpin pelaksanaan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Samosir yang di gelar di Aula Kantor Bupati Samosir Rabu 13/4/2022. 
Kegiatan rembuk stunting ini di ikuti oleh unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah,Pimpinan OPD dan Camat Se-Kabupaten Samosir,Tim Percepatan Penurunan Stunting,Pimpinan Bank Sumut, Pimpinan Bank BNICabang dan Kepala Desa/ Lurah yang menjadi Fokus Stunting di Kab Samosir.                   

Ketua Panitia Plt Kadis Kesehatan dr Dina Hutapea dalam laporannya menyampaikan bahwa Rembuk Stunting  merupakan Aksi ke-3 dari 8(delapan) tahapan aksi konvergensi percepatan pencegahan stunting,bertujuan untuk menyampaikan hasil analisis situasi danrancangan rencana kegiatan intervensi penurunan Stunting,mendeklarasikan komitmen Pemerintah Daerah,dan menyepakati rencana kegiatan intetvensi penurunan Sunting terintegrasi. Mela lui rembuk ini,nantinya diperoleh komitmen penurunan Stunting, rencana kegiatan intervensi gizi ,ter integrasi penurunan Stunting,yang telah disepakati oleh lintas Sektor untuk dilaksanakan pada tahun berjalan.               

Wakil Bupati Samosir Drs.Martua Sitanggang,MM dalam arahan nya menyampaikan Rembuk Stunting merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah Kabupaten /Kota untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan Stunting di lakukan secara bersama sama antara OPD Penanggung jawab layanan dengan sektor/ lembaga non pemerintah dan masyarakat.                

Pemerintah kabupaten secara bersama sama akan melakukan komfirmasi,Sinkronisasi dan Sinergisme hasil Analisis, situasi dan rancangan rencana kegiatan dariOPD Penanggung jawab layanan di Kabupaten/ Kota dengan hasil Perencanaan partisipatif masyarakat yang di laksanakan dalam upaya Penurunan Stunting di lokasi fokus di Kab Samosir.                            

Wakil Bupati menyampaikan,utuk   Tahun2022,ada 11Desa/Kelurahan di Kabupaten Samosir yang menjadi Lokus Stunting yakni Desa Lbn Suhi Toruan, Desa Parbabadolok, kelurahan si ogung-ogung,di Kecamatan Pangururan,Desa Siparmahan,dan DesaPartukot naginjang di Kec Harian,Desa si Gaol Simbolon,di kecamatan Palipi,Desa Sitinjak di Kecamatan Onan Runggu,Desa Ronggurnihuta Kecamatan Ronggurni huta, Desa Sinaga Uruk Pandiangan Kec. Nainggolan,Desa Sabulan, Kec Sitio tio,dan Desa Cinta Maju Kec Sitio tio.    Melalui Rembuk ini,Wakil Bupati berharap ada output yang menjadi komitmen bersama yang ter integrasi antara Pemerintah dan masyarakat,yang menjadi dasar gerakan Percepatan Penanggulangan Stunting di Kabupaten Samosir.Oleh karenanya,masing -masing OPD diharapkan memberikan kontribusi,melalui potensi dan alokosi anggaran yang di tampung pada Thn2022.                           

Kegiatan rembuk Stunting ini,juga di isi dengan PemaparanOleh Wakil Bupati Samosir,Sekretaris Daerah,Babpeda Litbang,kemudian di lanjutkan dengan Sesi diskusi dan tanya jawab.                   

Acara diakhiri dengan Penandatanganan Komitmen Percepatan Pencegahan aksi integrasi penurunan Stunting di Kabupaten Samosir yang di tanda tangani oleh Wakil Bupati Samosir,Forkopimda,Ketua TP PKK,BappedaLitbang.OPD terkait,perwakilan Camat,Perwakilan Kepala Desa,FKUB    Dan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara hasil Kegiatan Rembuk Stunting Oleh Bupati Samosir.              

Hasil Kegiatan Pelaksanaan Rembuk Stunting ini menjadi menjadi fasar gerakan penurunan Sunting di Kabupaten Samosir melalui integrasi program/kegiatan yang di lakukan antar OPD Penanggung jawab layanan,juga antar program dan partisipasi masyarakat.                       

(Asbon hutabalian)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami