Diskusi Bareng Awak Media, KPU Sumut: Media Jadi Mitra Strategis Untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih


Medan, bidikkasusnews.com - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara (KPU Sumut) menggelar dialog bersama para wartawan atau jurnalis yang dengan mengambil tema ‘Diskusi dan Peningkatan Peran Media Pada Pemilihan Umum Tahun 2024’.

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Emerald Garden, Jalan Kol Yos Sudarso, Medan, Selasa (05/12/2023), dengan diikuti ratusan media cetak dan elektronik yang bertugas di KPU Sumut.

Keberadaan media menjadi bagian penting dalam menyukseskan jalannya pemilu 2024. Sebab, keberadaan media menjadi saluran informasi bagi masyarakat terkait seluruh tahapan pemilu termasuk sosok-sosok yang menjadi peserta pada pemilu itu sendiri. Hal ini disampaikan Ketua Divisi SDM KPU Sumatera Utara, Robby Effendi.

“Dalam beberapa kesempatan rakor di KPU Pusat, selalu ditegaskan pers sebagai mitra stratgis dalam menyambung informsai kegiatan KPU demi peningkatan partisipasi pemilih,” katanya didampingi anggota KPU Sumut lainnya Raja Ahab dan Sitori Mendrofa.

Robby menjelaskan, diskusi yang digelar ini diharapkan menghasilkan berbagai masukan mengenai pola-pola kerjasama antara KPU Sumatera Utara dengan kalangan media. Hal ini menjadi penting mengingkat KPU Sumut juga memiliki tugas menyukseskan pemilu termasuk beban moral untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Hanya saja perlu kita pahami bersama bahwa KPU ini berbeda dengan instansi lain yang dipimpin seorang dengan sebutan jabatan kepala. Kalau kami pimpinannya disebut ketua yang artinya semua kebijakan harus dibicarakan untuk diputuskan,” ungkapnya.

Selain itu, melalui kegiatan ini KPU Sumut juga berharap peran serta dari seluruh kalangan media dalam mempublikasikan berbagai kegiatan yang sudah mereka lakukan berkaitan dengan tahapan pemilu. Diantaranya yakni rekrutmen KPPS yang akan berlangsung pada 11 Desember 2023 mendatang hingga informasi mengenai pergerakan distribusi pemilu 2024 yang sudah mulai berjalan ke beberapa daerah. (Ariansyah Lubis)

Artikel Terkait

Berita|Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami