Tanggap Bencana Alam, Ormas Pekat IB Agam Cek Lokasi Banjir Bandang di Sungai Rangeh

Agam, bidikkasusnews.com - Guna mencegah terjadinya bencana susulan organisasi masyarakat (ormas) Pembela Kesatuan (PEKAT) Indonesia Bersatu (IB) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Agam dikomandoi Ketua Delco Fitril didampingi Ketua Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) Tanjung Raya, Sudirman, Sekretaris Fitri Yeni Wasila, Danrig Heri, Daswar dan sebagian anggota mendatangi lokasi tanah longsor akibat hujan dengan intensitas tinggi yang berlokasi di Jorong Sungai Rangeh, Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat Jumat (8/12/2023) malam.

Setelah mendapat laporan dari warga setempat, kemudian langsung mendatangi tempat kejadian tanah longsor akibat hujan dan langsung melakukan koordinasi dengan masyarakat dan aparat terkait.

Ketua DPD Pekat IB Agam, Delco Fitril pada media mengatakan, Akibat intensitas hujan yang sering mengguyur dan kontur tanah yang gembur sehingga tanah tidak kuat menahan air dan terjadinya longsor di Jorong Sungai Rangeh, Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengakibatkan 3 bangunan hancur, 2 rumah rusak sedang, 1 mushalla rusak berat dan puluhan rumah terendam lumpur, ujarnya.

Selain itu, banjir bandang merusak puluhan tambak ikan dan areal pertanian milik warga.

“Untuk warga agar selalu waspada antisipasi terhadap kondisi cuaca sekarang mulai musim hujan. Demi keamanan dan keselamatan pribadi maupun keluarga, bila tidak mendesak jangan bepergian ke daerah pegunungan yang rawan terjadi longsor,” pungkas Ketua Delco.

Ketua DPK Pekat IB Kecamatan Tanjung Raya, Sudirman menambahkan, sudah menjadi tugas kami sebagai organisasi masyarakat (ormas) untuk memonitor dan membantu masyarakat yang terkena musibah. 

Ormas Pekat IB melakukan kegiatan-kegiatan pemantauan perkembangan situasi di wilayahnya. 

Sudirman juga menghimbau masyarakat untuk mengantisipasi akibat dari cuaca ekstrem yang sedang terjadi, sehingga dapat bertindak cepat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pungkasnya.

( Fitri Y.W )

Artikel Terkait

Berita|Sumbar|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami