TNI AL Tanjung Balai Ringkus Pria Asal Jatim Bawa Shabu 4 Kg Di Perairan Asahan

Tanjungbalai, bidikkasusnews.com - Seorang pria berinisial IS (45) warga Jawa Timur di ringkus TNI Angkatan Laut ( AL ) di perairan kembilik Kabupaten Asahan pada hari Minggu (18/02/2023 ). 

Pelaku di tangkap karena menyeludupkan narkoba jenis sabu seberat 4 Kg yang berasal dari Malaysia.

Perihal penangkapan pelaku di sampaikan oleh TNI AL Tanjung Balai melalui Danlanal ( Komandan Lanal ) Letkol Laut (P) Wido Dwi Nugraha dalam Konferensi Pers, Senin (19/02) di Aula TNI AL TBA.

Selanjut nya Wido menyampaikan, bermula saat tim Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Lanal TBA melaksanakan patroli keamanan laut yang dibagi menjadi 2 unsur patroli. Sekitar perairan Kembilik, Asahan, tim mendeteksi adanya sampan tanpa nama yang mencurigakan sedang melintasi sisi pinggir.

" Kemudian team pun memberhentikan sampan tersebut dan melakukan pemeriksaan barang bawaan nya " Terang Letkol Dwi.

Dari pemeriksaan Dwi mengatakan jika petugas menemukan plastik hitam yang di sembunyikan di bagian depan sampan tepat nya di bawah kayu.

" Dari dalam plastik hitam petugas menemukan barang yang di duga sabu seberat 4 Kg tersebut yang menurut pengakuan dari si pelaku barang tersebut rencana nya akan di serahkan ke seseorang yang berada di Tanjung balai " Lanjut Letkol Dwi.

Kata Danlanal Letkol Dwi, selain itu petugas juga menemukan barang bukti seperti uang tunai senilai Rp. 5,8 juta, Ringgit sebanyak 316 RM 20 Sen, KTP dan Paspor atas nama terduga pelaku dan 1 buah sampan ditarik menuju Dermaga Panton Tanjung Balai.

Dari hasil pemeriksaan selanjut nya, kata Danlanal, Pelaku mengaku diri nya baru sekali dan pertama kali nya menyeludupkan sabu tersebut dari Malaysia yang nanti nya akan di bawa menuju Madura. 

" Diri nya mengaku mendapat imbalan Rp. 50 juta / bungkus nya dan si pelaku sudah menerima uang sebesar 7 juta rupiah, dimana sisanya akan dibayarkan apabila barang sudah sampai di Madura " Terang Danlanal. 

Orang nomor satu di jajaran Lanal TBA ini juga menyebutkan jika barang bukti dan terduga pelaku diserahkan kepada Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara untuk dilakukan diproses lebih lanjut.

Kemudian dia mengungkapkan jika TNI AL akan senantiasa mendukung penuh upaya pemerintah dalam memerangi dan memberantas peredaran narkoba (war on drugs).

Pantauan wartawan, tampak hadir dari Polres Tanjung Balai, Dandim Asahan, BNN, Kejaksaan dan seluruh Pers Kota Tanjung Balai. 

( INDRA SARAGIH, SE )

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami