Jalan Lintas Bukittinggi Menuju Lubuk Basung Rusak Parah, Sering Makan Korban

Agam, bidikkasusnews.com - Ruas jalan provinsi Bukittinggi menuju Lubuk Basung tepatnya di Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengalami rusak parah sehingga membahayakan bagi pengguna jalan.

Pantauan Bikas di lapangan, Sabtu (23/3/2024) dilokasi, kerusakan parah terlihat di Jorong Taruko, Nagari Koto Malintang. Jalan raya penghubung Lubuk basung-Bukittinggi itu banyak lubang yang menganga. Akibatnya kenyamanan pengendara terganggu saat melintasi jalur tersebut.

Lubang di badan jalan tersebut memiliki ukuran bervariasi mulai dari 50 hingga I00 centimeter. Sementara kedalaman lubang sekitar 10 centimeter. 

Kondisi jalan rusak tersebut diketahui sudah terjadi sejak beberapa tiga bulan terakhir, dan hingga kini belum ada perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov. Sumbar). 

Warga sekitar mengakui bahwa kondisi jalan berlubang tersebut sering menimbulkan kecelakaan dan memakan korban terutama pengendara roda dua.

“Banyak korban disini, hampir setiap hari pengendara sepeda motor ada yang jatuh karena kondisi jalan yang rusak,” kata Aswar warga setempat, Sabtu (23/3/2024).

Azwar mengatakan, kecelakaan sering terjadi pada musim hujan karena lubang pada badan jalan tertutup genangan air.

“Pengendara sepeda motor sering terjatuh karena tidak mengetahui kondisi jalan berlubang akibat tertutup genangan air. Untuk kondisi korban rata-rata mengalami luka ringan,” ujarnya.

Lanjut Azwar, selain menimbulkan korban, kondisi jalan tersebut juga membuat kerusakan pada kendaraan bermotor. Banyak pengendara roda dua yang mengalami bocor ban hingga velg penyok setelah menghantam lubang tersebut.

“Harapan saya jalan ini agar segera diperbaiki, jangan hanya di tambal sulam saja, tapi di aspal ulang demi kenyamanan dan keselamatan pengendara,” harapannya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat IB) Agam, Delco Fitril, S.IP mengatakan, sering pengendara sepeda motor yang terjatuh di lokasi jalan rusak tersebut.

Kendati begitu, ia meminta agar dinas terkait di Provinsi untuk segera melakukan perbaikan pada jalan rusak tersebut. Hal itu perlu dilakukan demi keselamatan pengguna jalan.

“Kami berharap supaya pemerintah provinsi segera melakukan perbaikan jalan rusak karena kondisinya sudah parah dan sering memakan korban pada malam hari dan cuaca hujan,” ucapnya.

Delco juga mengimbau para pengendara untuk berhati-hati saat melintas di jalan berlubang di wilayah Nagari Koto Malintang dan wilayah lainnya.

“Kepada pemotor diimbau lebih berhati-hati saat melintas di jalan berlubang karena sangat membahayakan dan beresiko terjadinya kecelakaan,” pungkasnya.

( Sudirman )

Artikel Terkait

Berita|Sumbar|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami