Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah di Deli Serdang

Deli Serdang, bidikkasusnews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pabrik Minyak Makan Merah di Kecamatan Pagar Merbau  Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara Kamis, (14/3/2024).

Presiden Jokowi mengatakan hal ini bentuk hilirisasi.Jokowi juga menyebut total kebun kelapa sawit yang dimiliki Indonesia 15,3 juta hektare, sebanyak 6,2 juta hektare di antaranya milik petani.

" Negara kita Indonesia ini memiliki 15,3 juta hektare kebun kelapa sawit, dan 40,5 persen milik petani. Artinya, ada 6,2 juta hektare itu milik petani. Dan kita ingin nilai tambah itu ada di dalam negeri. Oleh sebab itu, kita bangun Pabrik Minyak Makan Merah ini yang pertama kali dan ini kita harapkan dapat memberi nilai tambah yang baik bagi petani sawit, utamanya yang sudah dalam bentuk koperasi. Jadi harga TBS tidak naik dan turun karena di sini semuanya diolah menjadi barang jadi yaitu menjadi minyak makan merah, " kata Jokowi.

Presiden Jokowi mengaku senang adanya pabrik produksi Minyak Makan Merah. Sebab, harga jualnya lebih murah dari minyak goreng pasaran dan memiliki kandungan nutrisi lengkap.

" Artinya barang ini bisa bersaing di pasaran. Bisa bersaing karena harganya kompetitif. Yang kedua, yang saya senang juga vitaminnya tidak hilang, di sini vitamin A, E, dan nutrien yang lain masih berada di minyak yang dipakai untuk menggoreng apa pun. Ini sudah dicoba oleh beberapa chef dan mereka sampaikan, 'Pak, Minyak Makan Merah ini beda lebih enak dan dicek gizinya lebih baik'. Jadi yang hadir di sini pakai, " ujarnya.

Presiden Jokowi menyebutkan keberadaan pabrik ini diharapkan memberikan nilai tambah bagi petani sawit, utamanya dalam bentuk koperasi. Dengan adanya pabrik, petani tidak terlalu bergantung dengan harga TBS.

(Tumenggung)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami