DENGAN SPECIAL DAY IN RAMADHAN,PELINDO MULTI TERMINAL MENGEDUKASI PELAJAR KHUSUS PESANTREN

Medan, Bidikkasusnews.com - Kegiatan berkonsep pesantren kilat satu hari ini merupakan buah kolaborasi antara TJSL SPMT bersama Badan Dakwah Islam (BDI) SPMT, Port Social Community (PSC), dan belawaninaja, diikuti sebanyak 100 peserta

PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan, berkomitmen untuk terus melakukan inovasi berkelanjutan yang diwujudkan dalam kegiatan 'A Special Day in Ramadhan'  bertema 'Satu Hari Bersama Mendalami Ketaqwaan', di Masjid Munawwarah Pelindo Belawan.

Kegiatan berkonsep pesantren kilat satu hari ini merupakan buah kolaborasi antara TJSL SPMT bersama Badan Dakwah Islam (BDI) SPMT, Port Social Community (PSC), dan belawaninaja; komunitas pemuda Belawan yang mempopulerkan wilayah Belawan melalui media sosial. Dihadiri sebanyak 106 peserta dengan rincian  100 peserta merupakan pelajar SMP dan SMA di lingkungan Belawan dan sekitarnya, dilengkapi juga dengan 6 peserta tambahan yang merupakan anak Yatim.

VP Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Pelindo Multi Terminal Joni Ilyas menerangkan, kegiatan 'A Special Day in Ramadhan'  di Masjid Munawwarah Pelindo Belawan ini dihelat sebagai salah satu kepedulian SPMT untuk mengedukasi para pelajar SMP dan SMA di Belawan untuk memaknai bulan suci Ramadhan.

"Melalui momen Ramadhan, para peserta mendapatkan edukasi seperti Sharing session/Motivasi, Tadarus, Shalat Berjamaah, Tausiyah, Belajar Tata Cara Solat dan Murojaah Al Quran, Nonton Bareng Film Islami, dan Leaderless Group Discussion, dan semuanya tergabung dalam rangkaian kegiatan satu harian," terang Joni.

Ditambahkan Joni, khusus tausiah dan kultum sebelum berbuka puasa mengambil tentang  bagaimana menjadi Islam yang damai yang muatannya erat dengan toleransi umat beragama. Selain itu tausiah dan kultum juga memuat tentang materi bagaimana menjadi anak yang berbakti pada orangtua.

Melengkapi itu, para peserta yang mengikuti kegiatan 'A Special Day in Ramadhan' ini juga belajar mengenai tata cara salat dan pelafalan Al-Quran yang benar, disampaikan oleh Ustadz Tuah Sirait.

Kegiatan ini juga mendapat respon positif dari para wali dan orangtua peserta, mereka berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut dan dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya. 

Kedepannya, diharapkan juga agar komunitas belawaninaja dan PSC dapat merangkul peserta kegiatan ini dalam berbagai program-program lain seperti inisiasi pembentukan klub olahraga, seni budaya, bahasa asing, kepemimpinan muda, dan lain sebagainya.

Kegiatan A Special Day in Ramadhan ini turut dihadiri oleh Dewi Suryani dari Port Social Community dan Zulfan dari BDI/PPDI. 

Selama bulan Ramadhan 1445 H ini, SPMT gencar melakukan berbagai kegiatan,  sebelumnya SPMT juga menggelar program Pelindo Berbagi Ramadhan Tahun 2024 yang memuat 3 aksi kepedulian yaitu Santunan Anak Yatim, Berbagi Takjil, dan Sembako Gratis, dengan rincian memberikan 840 santunan untuk anak yatim piatu, sembako gratis sebanyak 3.900 paket untuk masyarakat umum dan TKBM, serta 6.150 paket takjil ramadhan.

Termasuk juga menggelar kegiatan Mudik Gratis Lebaran 2024 bagi masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman dengan menyediakan sebanyak 400 kuota penumpang, dengan rincian 200 kuota pergi, dan 200 kuota pulang menggunakan moda transportasi darat (bus) tujuan Medan - Pekanbaru - Medan, dan Medan - Banda Aceh - Medan. 

(SURYONO)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami