Diduga Hina Suku Pakpak, Hambali Limbong desak Kapoldasu Tangkap BN

Medan, bidikkasusnews.com - Sebuah Komentar viral di media sosial, karena ucapan BN diduga menghina suku Pakpak. 

Tokoh Aktivis Koordinator GARANSI ( Gerakan Rakyat Anti Diskriminasi ) Sumatera Utara Hambali Limbong pun angkat bicara terkait kasus tersebut.

Menurutnya, ucapan seperti itu tidak perlu dilontarkan karena Indonesia mempunyai 1.340 suku bangsa, dan Etnis yang bermacam-macam.

"Seharusnya tidak perlu berkomentar seperti itu, komentar tersebut sudah tergolong perbuatan menghina dan rasisme, ketahuilah bahwa perbuatan tersebut telah memenuhi unsur Pasal 16 Undang Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.  Semestinya tidak perlu terjadi peristiwa penghinaan terhadap suku apapun. Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa, lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa di Tanah Air menurut sensus BPS tahun 2010. Jadi tidak elok jika menghina suku apapun, terlebih lebih Suku Pakpak " kata yang akrab di sapa Haji Limbong saat di minta keterangannya Bandara Kuala namu , Selasa (16/4/2024).

Banyak manusia di belahan Dunia ini memeliki pengalaman berkesan dengan Suku Pakpak

Menurutnya, rata-rata orang Pakpak itu tidak pernah rese, usil dan suka mengganggu orang lain serta tidak pernah mau mencampuri urusan orang lain. Kalau bahasa kerennya, kami suku pakpak tidak kepo dengan urusan orang. Kalau kita berbicara oknum, ya pasti ada satu atau dua orang yang jelek, tapi jangan langsung menghakimi dan mengkotak-kotakan seakan semua orang Pakpak seperti itu, saya tidak setuju. Kalau berbicara kekurangan, pasti semua orang mempunyai kekurangan, termasuk Saya, harusnya dengan kekurangan ini bisa menjadikan kita semua semakin mengerti dan bisa memahami bahwa pada kodratnya manusia diciptakan tidak bisa hidup tanpa bantuan orang.

Oleh karena itu, Limbong meminta kepada Kapoldasu untuk menyeret Oknum BN pelaku penghinaan terhadap suku Pakpak. 

Kalau mesti dengan Unjuk Rasa  perlu dilakukan agar permasalahan ini cepat di sudahi,  kita siapkan Kawan2 dan Tim untuk mengepung Poldasu sampai berjilid jilid pon kita sanggup. Siapa pun dia, bagaimana pun dia, apa pun bentuknya, jikalau dia diduga melakukan sara serta menghina suku Pakpak maka wajib di proses.

Diberitakan sebelumnya, Komentar  seorang pria inisial BN diduga menghina Suku Pakpak viral di media sosial. 

Komentar yang beredar di media sosial, seorang pria mengucapkan kata-kata berbau SARA membalas komentar seseorang kemudian mendapat reaksi dari Ribuan Masyarakat Pakpak.

(Tim)

Artikel Terkait

Berita|Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami