Jembatan Rigit Beton Baru Setahun Dibangun Menggunakan Dana Desa TA 2023 Ambruk Diterjang Banjir

Sigodung, bidikkasusnews.com - Akibat hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) umumnya, khususnya wilayah Kecamatan Sirandorung di ahir bulan April 2024 sampai awal bulan Mei 2024 mengakibatkan tidak sedikit insfraturuktur jalan rusak parah.

Diantaranya, jembatan plat degger di Dusun 1 Desa Sigodung Kecamatan Sirandorung Tapteng baru setahun selesai dibangun atau digunakan masyarakat sudah ambruk akibat diterjang luapan air dari hulu yang datang dari pemukiman warga dan dari lokasi gedung SD Negeri Sigodung.

Plat degger ini, kata warga sekitar, namanya tidak mau di mediakan, adalah satu paket dengan jalan rabat beton usaha tani tahun anggaran 2023 sepanjang 208 X 2, 5 meter menggunakan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2023 sebesar Rp.200.000.000,-.

Akibat ambruknya jembatan plat degger ini, lanjut mereka sehingga hasil panen kelapa sawit, karet getah dan padi sawah, juga hasil panen musiman seperti jengkol dan petai terpaksa dipikul karena lantai jembatan plat degger itu sudah habis 2/3 tergerus air banjir dan tidak bisa lagi dilewati kenderaan bermotor.

Warga Desa Sigodung dengan sangat berharap agar Pemerinatah Kabupaten Tapanuli Tengah dapat memprioritaskan anggaran untuk membangun kembali jembatan yang ambruk itu.

Amatan tim liputan Bidik Indonesia, Rabu (29/05-2024) material jembatan plat degger itu nampak terjungkal sehingga sangat mengancam keselamatan warga yang melewati.

Kepala Desa Sigodung, Sardo Santo Sihombing ketika dikonfimasi tim liputan Bidik Indonesia, Rabu (29/05-2024) di sekitar jembatan yang ambatuk menjelaskan, ambruknya jembatan plat degger itu akibat luapan air yang datang dari pemukiman warga dan air yang datang dari lokasi gedung SD Negeri Sigodung.Desa Sigodung Kecamatan Sirandorung Tapteng.

Jembatan plat degger ini satu paket dengan jalan rabat beton sepanjang 208 meter lebar 2, 5 meter menuju usaha tani masyarakat Desa Sigodung Kecamatan Sirandorung Tapteng menghabiskan biaya bersumber dana desa tahun 2023 sebesar 200 juta rupiah.

"Untuk melancarkan pengangkutan hasil panen tani warga, masyarakat Desa Sigodung, dan saya selaku Kepala Desa Sigodung sangat berharap kepada Pemerintah Kabuoaten Tapanuli Tengah dapat mengalokasikan anggaran dana untuk membangun kembali jembatan ini", tandas Sardo Santo Sihombing.

(Syarifuddin Simatupang)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami