Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Kab. Samosir Berlangsung Sukses Seluruh Peserta Mengikuti Penuh Antusias

Samosir, bidikkasusnews. Com - Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olah Raga kabupaten Samosir hari ini Jumat, 31-5-2024 melaksanakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Sekolah Dasar (SD) Tingkat kabupaten Samosir. 

FLS2N diikuti oleh sekolah dasar negeri dan swasta sekabupaten Samosir.

Pelaksanaan FLS2N hari ini adalah tahapan yang sudah didahului dengan pelaksanaan ditingkat kecamatan, yakni di sembilan kecamatan sekabupaten Samosir.

Adapun peserta yang berlomba di tingkat kabupaten adalah para siswa dari sekolah yang berhasil meraih peringkat 1, 2 dan 3 ditingkat kecamatan.

Pada FLS2N memperlombakan 5 kategori, diantaranya ; 1. Pantomim, 2. Menyanyi Solo, 3. Gambar Bercerita, 4. Kriya, 5. Seni Tari Kreasi.

Adapun lokasi perlombaan di pusatkan di dua lokasi yakni, untuk lomba Pantomim dan Gambar Bercerita di laksanakan di SMP N 3 Pangururan, sedangkan untuk lomba Menari Kreasi di Aula Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga, lomba Kriya dilaksanakan disalah satu ruangan dikantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga, sedangkan untuk lomba Menyanyi Solo dilaksanakan di halaman kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga kabupaten Samosir.

Saat awak media melaksanakan liputan langsung di lokasi SMP N 3 Pangururan sempat menemui kepala sekolah bapak Suapen Simbolon. Meminta tanggapan beliau atas ditunjuknya sekolah yang dipimpinnya menjadi tempat pelaksanaan lomba.

Dikatakan beliau,"kami pihak SMP N 3 Pangururan sangat menyambut baik dengan dijadikannya sekolah kita menjadi tempat pelaksanaan lomba, kami menyiapkan dua ruang kelas. 

Seperti kita lihat bersama banyaknya peserta lomba hadir dengan didampingi guru, kepala sekolah dan orang tua murid, ditambah panitia dan para juri, mereka hadir dengan membawa kenderaan, yang membuat hampir seluruh halaman sekolah dipenuhi kenderaan. Saya bersama para guru harus membantu mengarahkan agar kenderaan diparkir dengan rapih," demikian dijelaskannya.

Setelah melaksanakan liputan atas berlangsungnya dua kategori lomba di SMP N 3 Pangururan (lomba Pantomim, Gambar Bercerita), selanjutnya meliput langsung di lokasi Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga tuk meliput langsung kegiatan perlombaan untuk kategori Menyanyi Solo, Kriya dan Tari Kreasi.

Setelah seluruh rangkaian perlombaan selesai dilaksanakan, maka pada sore hari pukul 16.00 Panitia FLS2N mulai mengumumkan para Juara 1, 2 dan 3 dari kelima kreteria lomba ;

Lomba Pantomim Juara ;

1. Marwan Sinaga, Bastian Dheden Sidabutar   

   Dari SD S Tunas Harapan Nilai 263

2. Bunga Lestari Nababan, Galilea Hasiholan Siallagan, Dari SDN 2 Martoba Nilai 260

3. Brayen Diego Manurung, Bona Dapit Lbn. Siantar Dari SDN 3 Nainggolan, Nilai 258

Keputusan oleh Juri ;

Siti Sumarni Pakpahan, Noviyanti Herlina, Lasmiar Malau.

Lomba Gambar Bercerita Juara ;

1. Elin Rosiva Simbolon 

   Dari SDN 28 Parlondut Nilai 548

2. Thalita N. Nainggolan

   Dari SDN 3 Nainggolan Nilai 525

3. Favian Morizo Sigalingging

    Dari SDN 3 Pasar Pangururan Nilai 507

Keputusan Olah Juri ;

Poster Simbolon, Vargo Silalahi, Marsaulina S

Lomba Kriya Juara ;

1. Chipta Bangun Siallagan

    Dari SDN 2 Martoba Nilai 801

2. Darel Simanjuntak 

    Dari SDN 3 Pasar Pangururan Nilai 734

3. Lusiana Margaretha Sidabutar

    Dari SDN 8 Tuktuk Siadong Nilai 708

Keputusan Oleh Juri ;

Rawadison Saragih, Megawati Lbn Siantar, Betti Rosalina Pardede

Lomba Tari Kreasi Juara ;

1. Gideon Pintros Marbun, Chika Yulan Malau, Agus Parhusip

   Dari SDN 21 Simbolon Purba Nilai 823

2. Agustina Simarmata, Windy Aritonang, Kasih Anastasya Sijabat

   Dari SDN 34 Lbn Suhi suhi Dolok Nilai 807

3. Syafania Sitompul, Argha Hara Ito Tamba, Jetriana Sinaga

   Dari SDN 10 Hutagalung Nilai 798

Keputusan Oleh Juri ;

Perri Sagala, S.Pd, M.Su, Marlita Simbolon, S.Pd, Sahat H.M. Rumapea, S.Su

Lomba Menyanyi Solo Juara ;

1. Delon Sinaga 

   Dari SDN 28 Parlondut Nilai 1125

2. Sihol Marihot Sihole

   Dari SDN I Boho Nilai 1108

3. Andrey Kimmura J. Tampubolon

   Dari SD S Santo Paulus Onan Runggu 1075

Tampak kepada Peserta yang berhasil menjadi juara pada FLS2N L, Panitia yang diketuai oleh Eliamsa Sidabalok yang juga menjabat sebagai Kabid Dikdas di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Samosir memberikan hadia berupa Uang Pembinaan, Tropi dan Piagam Penghargaan.

Tampak Sekretaris Dinas bapak Borri Pasaribu yang mengwakili Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Samosir Jonson Gultom menyerahkan Uang Pembinaan kepada para juara.

Setelah selesai penyerahan hadia awak media bidikkasusnews.com sempat mewawancarai Sekretaris Dinas, Ketua Panitia dan Kepala sekolah SDN 28 Parlondut yang mana dua orang muridnya berhasil meraih Juara 1 untuk dua katagori lomba yakni Lomba Menyanyi Solo atas nama Delon Sinaga dan Lomba Gambar Bercerita atas nama Elin Rosiva Simbolon.

Dalam penyampaiannya Borri Pasaribu menyampaikan,"bahwa FLS2N tingkat Kabupaten Samosir yang hari ini kita laksanakan adalah merupakan program rutin dari Kementerian Pendidikan, maka seluruh kabupaten dan kota se Indonesia harus melaksanakan ini. Adapun rangkaian kegiatan sampai pada hari ini didahului ditingkat kecamatan sekabupaten Samosir dan finalnya hari ini.

Selanjutnya untuk para juara 1 dan 2 akan kita kirim untuk mengikuti FLS2N tingkat provinsi.

Ditambahkan pula bahwa untuk para Juara 1 dan 2 akan kita kirim kembali untuk mengikuti dintingkat provinsi pada bulan Juli tahun ini.

Beliau juga menyampaikan harapannya, kiranya kita dari kabupaten Samosir bisa kembali mewakili provinsi Sumatera Utara untuk ketingkat Nasional sebagaimana yang kita capai tahun lalu," demikian disampaikannya.

Selanjutnya pada kesempatan yang sama ketua Panitia FLS2N tingkat Samosir tahun ini Eliamsa Sidabalok menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung dan melaksanakan lomba ini sehingga pelaksanaan final FLS2N tingkat kabupaten Samosir berjalan dengan sukses.

Saat diminta pendapatnya atas keberhasilan dari dua orang siswanyal meraih juara 1 (satu) kepala sekolah SDN 28 Parlondut Antonius Jusler Siahaan menyampaikan,"bahwa apa yang diraih kedua siswanya merupakan buah dari persiapan yang sangat panjang, kita memang sudah sejak lama mempersiapkan mereka," demikian disampaikan.

(Bastian Simbolon) 

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami