Pj. Bupati Tapteng Laksanakan Grand Launching Pembayaran 6 Mata Pajak Secara Digital

SIBOLGA, bidikkasusnews.com - Pj. Bupati Tapteng Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH melaksanakan High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah dan Grand Launching Pembayaran 6 Mata Pajak secara Digital di Graha Aulia Kantor Bank Indonesia Sibolga, pada Selasa (25/06/2024). 

Launching ini dilaksanakan untuk mendukung Tata Kelola Inklusif serta mendukung Perluasan dan Percepatan Digitalisasi melalui Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dan mempermudah Masyarakat dalam pembayaran pajak yang akan berdampak kepada Peningkatan Capaian Pendapatan Daerah di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Pj. Bupati Tapanuli Tengah Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini merupakan Suatu keniscayaan yang mana harus segera diterapkan dalam majunya teknologi Digital, yang mana apabila tidak mengikuti maka bisa akan tergilas oleh kemajuan Zaman.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah telah melakukan elekteronifikasi pada jenis pendapatan daerah, meliputi pajak daerah dan retribusi daerah, selain untuk memberikan kemudahan, juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media, guna merubah transaksi pendapatan dan belanja daerah, yang selama ini menggunakan cara tunai menjadi non tunai berbasis digital. 

Meskipun saat ini Elektronifikasi transaksi Pemerintah Daerah, belum berjalan maksimal, mengingat, masih ada beberapa Perangkat Daerah, khususnya Perangkat Daerah Pengelola Retribusi Daerah, yang justru belum memanfaatkan serta mengimplementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah. 

Oleh karenanya, dalam kesempatan ini, kami ingin menegaskan bahwa beberapa langkah langkah yang akan diperbuat berupa mendorong OPD Penghasil Pajak dan Retribusi Daerah saling bersinergi dan berkolaborasi dalam meningkatkan PAD melalui penggunaan kanal digital dengan tujuan untuk meningkatkan Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah. Mengoptimalkan kerjasama Pemkab Tapteng dengan Bank Bank Sumut sebagai penyedia layanan produk perbankan yang mendukung sistim pembayaran non tunai dalam mewujudkan ETPD di Kabupaten Tapteng.

Melaksanakan sosialisasi dan edukasi guna meningkatkan literasi dan minat masyarakat dalam bertransaksi non tunai terutama menggunakan kanal digital. Untuk meningkatkan ETPD agar masing masing OPD penghasil Pajak dan Retribusi Daerah melakukan pemetaan ETPD, menindaklanjuti rencana aksi pada Road Map/Peta yang telah disepakati dan melakukan pengembangan ETPD dengan memanfaatkan QRIS dan kanal digital lainnya. Serta Mengoptimalkan penyediaan dan peluasan jaringan free wifi pada area publik.

Makanya saya ingin mengingatkan kita semua untuk tetap menjaga semangat kolaborasi dan komitmen dalam setiap langkah kita ke depan. kita memiliki tanggung jawab besar untuk mewujudkan perubahan yang berarti bagi seluruh masyarakat, dan digitalisasi adalah kunci utama untuk membuka pintu kemajuan yang lebih luas dan inklusif.

Turut Hadir dalam Acara Plt. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga dan jajaran . Jajaran Bank Sumut, Para asisten Setdakab Tapteng, Para Pimpinan OPD Tapteng.

(Stev pas)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami