TPID GELAR ACARA BURSA INOVASI DESA TAHUN 2019 CLUSTER 1 DI DESA SUKARAME

Labura, bidikkasusnews.com - TPID (Tim Pelaksana Inovasi Desa) gelar acara Bursa Inovasi Desa tahun 2019 Cluster 1 di Aula Kantor Desa Sukarame, Kec.Kualuh Hulu, Kab.Labura Kamis (3/10/19).

Sebanyak 4 Kecamatan di Kab.Labuhanbatu Utara (Labura) yaitu:
1. Kualuh Hulu
2.Kualuh Selatan
3.Kualuh Leidong dan
4. Kualuh Hilir. Dan sebanyak 34 desa dari yang tergabung 4 kecamatan.
     
Acara itu dihadiri Ketua DPRD Labura Drs.Ali Tambunan, para kepala desa dari 4 Kecamatan, Bupati Labuhanbatu Utara diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Nur Rohman SSos membuka Bursa Inovasi Desa 2019 yang dilaksanakan di Aula Desa Sukarame Kecamatan Kualuhhulu, Kamis (3/10/10).

Acara BID ini merupakan kegiatan Cluster 1 meliputi kecamatan Kualuh Hulu, Kualuh Leidong, Kualuh Hilir dan Kualuh Selatan.Dalam arahannya Nurahman, antara lain mengingatkan berdasarkan catatan, agar kepala desa mengamankan aset desanya Karena jika tidak ditertibkan, bisa jadi hal itu dapat menjadi masalah di masa mendatang.Salah satu caranya saat serah terima jabatan para kepala desa harus membuat berita acara tentang aset desa.

Karena saat ini, terangnya, BPK memberikan teguran terkait aset yang belum dicatatkan dalam aset kabupaten. Sebagian besar aset itu berada di desa.Berkaitan dengan Bursa Inovasi Desa yang dilaksanakan pada hari itu, Nur Rahman mengakui saat ini desa menjadi perhatian pemerintah. Hampir semua kementerian membebankan kades dengan berbagai petunjuknya ,manfaat kan Dana Desa sesuai juknis dan potensi desa.Untuk itu, para kades diminta dapat menyinkronkan RKPDes nya agar dibuat betul-betul.

"Dokumen RKPDes harus betul-betul. Jangan tidak ada dalam RKPDes, tahu-tahu muncul dalam APBDes," tegasnya.

Asisiten I pemerintah dan kesra setdakab Labura Nurahman,S.Sos dan Kabid Pemberdayaan pada DPMD Labura, H Muslim Sipahutar,TA Labura pimpimnan Bank dan Camat diabadikan usai buka BID di Sukarame Labura. 

Sebelumnya Ketua Panitia Aminuddin Pasaribu dalam laporannya menyebutkan, bursa inovasi tersebut dibagi dalam dua cluster. Cluster pertama terdiri dari Kecamatan Kualuh hulu, Kualuh selatan, Kualuh hilir dan Kualuhleidong,BID ini di selenggarakan atas dasar UU Desa no 6 tahun 2014 tentang Desa dan Permendestrans.

Kegiatan tersebut diikuti kades, BPD, tokoh masyarakat dan tokoh wanita dari masing-masing desa,Pendamping Profesional termasuk TA dan PD, PLD dari 4 kecamatan tersebut yang di hadiri kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa kabupaten Labura yang di wakili Kabid pemberdayaan H Muslim Sipahutar, perwakilan Bank Sumut dan Bank Syariah.

Ketua DPRD Labura,Camat dari 4 kecamatan tersebut.Sementara itu Edi Harahap Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Labura menyampaikan manfaat program Inovasi tersebut bagi desa menyesuaikan Potensi yang ada Desa, BID ini merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa di lingkup kabupaten Labura ini.Disampaikan nya pelaksanaan BID untuk menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa akan solusi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif," tutur Edi.
    
Kegiatan Closter II akan digelar di Gedung Aula Fajar Dolfa Kec.Aek Kotabatu jumat (4/10/19) "ucap ketua panitia TPID. 
(Eko S Rino)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami