BPPP Medan Adakan Pelatihan Teknis Perawatan Mesin Diesel Kapal Ikan Nelayan Di Labura

Labura, bidikkasusnews.com - Sebanyak 30 orang nelayan kecamatan Kualuh Leidong kabupaten Labuhanbatu Utara provinsi Sumut diberikan pelatihan pengenalan dan perawatan mesin diesel 19 s/d 21 Februari 2020 di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Tanjung Leidong, Labura.

Pelatihan itu digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Medan berlangsung selama 3 hari.

Ketua panitia pelatihan ini, ibu Asih Setiani S. SPi yang didampingi sekretaris Hermanto SPi menjelaskan, dengan pelatihan ini diharapkan nelayan memiliki kemampuan dan keterampilan teknis serta perawatan mesin diesel dalam kapal tangkap ikan tersebut.

"Tim pelatih akan membimbing secara langsung ke lokasi masyarakat nelayan setempat untuk melaksanakan pelatihan secara berkelompok. Mereka akan mendapatkan pelatihan dari  Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) provinsi,” katanya lagi.
Diakuinya, pelatihan tersebut sangat penting bagi nelayan, sehingga berani berlayar lebih jauh daya jelajahnya. Tidak hanya mencari ikan di tepi laut saja, yaitu hanya 1-4 mil saja dari pantai.

"Hendaknya harus mampu di atas 4 mil laut. Dengan demikian ke depan nelayan kita bisa melaut sampai habis air pasang besar dengan mendapatkan hasil yang besar pula. Tidak berebut ikan kecil di tepi laut saja,”sebutnya.

Dalam pelatihan teknis perawatan mesin diesel kapal nelayan ini sebagai nara sumber bapak Djonnes Silaban MPd, bapak P. Pasaribu SIP.

Kegiatan pelatihan ini didampingi kasi Pengembangan Usaha Perikanan, Darma Aditia SST dan rombongan dari kabupaten Labura.

Pada hari ketiga setelah selesai pembelajaran pelatihan ini kasi Darma telah menutup dengan resmi.

Kelihatan para nelayan yang ikut dalam belajar pelatihan ini begitu cerdas menerima ilmu dari nara sumber, terbukti saat mereka mepraktekkan secara langsung mesin diesel yang rusak untuk di rawat.

Mereka kelihatan riang bercambur sedih dalam perpisahan dihari terakhir belajar ini.
(Abu Sofyan)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami