KAKAN KEMENAG PASAMAN TEGASKAN PENYULUH AGAMA AGAR JELASKAN PADA MASYARAKAT TENTANG MAKNA MODERASI BERAGAMA

Lubuk Sikaping, Bidikkasusnews.com - Didasari pada kegiatan Membuka resmi kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Di Wilayah Kerja (DDWK) yang diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman menegaskan beberapa hal penting kepada Penyuluh Agama Islam Non PNS selaku peserta, Senin (13/7) lalu.

Dalam pantauan Bidik Kasus di lapangan Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Dedi Wandra mengatakan bahwa penyuluh agama Islam Non PNS adalah bagian dari Aparatur Sipil Negara yang mempunya tugas pokok dan fungsi adalah memberikan pelayanan publik, melaksanakan kebijakan publik juga perekat kesatuan dan persatuan, katanya.

Lebih lanjutnya Dedi menegaskan, hari ini diikutkan dalam kegiatan diklat moderasi beragama yang bertujuan memberikan pembinaan agar Penyuluh agama nantinya dapat memberikan penjelasan yang benar kepada masyarakat binaannya tentang moderasi beragama itu, tambahnya.

“Penyuluh berperan dalam memberikan penjelasan kepada masyarakat, agar tidak menimbulkan kesalahan dalam memahami makna moderasi beragama," ujar Dedi.

Terus melihat fakta di lapangan kata Dedi Wandra mengingatkan banyak ragam informasi hoax bermunculan sehingga menimbulkan fitnah dan keresahan di tengah masyarakat, penyuluh harus berperan aktif meluruskan yang sebenarnya. Bukan sebaliknya turut serta memperkeruh keadaan, imbuhnya lagi.

“seperti halnya masalah peniadaan pemberangkatan haji kemarin," ingatnya.

Beliau sangat berterima kasih atas terlaksananya kepada pihak BDK Padang atas diselenggarakannya DDWK di wilayah kerjanya dinilai sarat muatan ilmu dan sebagai wadah peningkatan potensi penyuluh agama Islam Non PNS.

Kemudian beliau juga mengingat kembali tentang kegiatan yang wakili Kepala BDK Padang DR. Saidan Lubis melaporkan kegiatan moderasi beragama diikuti sebanyak 30 peserta dari unsur penyuluh agama Islam Non PNS Kabupaten Pasaman yang berlangsung selama enam hari di aula Kankemenag Pasaman.

Sebagaimana kita ketahui bersama waktu itu Saidan mengatakan DDWK ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia penyuluh sebagai bagian dari ASN bertugas memberikan bimbingan agama kepada masyarakat Islambyang mana kegitan tersebut di adakan di aula kantor kita ini imbuhnya mengingatkan. (Ayang Pardede)

Artikel Terkait

Berita|Sumbar|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami