PERLUASAN PASAR MALAPAH DALAM TAHAP PERENCANAAN 

Pasaman, Bidikkasusnews.com - Pasar merupakan satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial, dan infrastruktur di mana usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan pembayaran yang sah, yaitu uang, hal ini di ungkapkan oleh M. Dt. Bandaro Ninik Mamak Malampah Pasaman Kepada Bikas baru-baru ini. 


"tujuan kami bersama ninik mamak lainnya di Nagari Malampah ini dalam perluasan Pasar ini adalah sejauh ini Perluasan pasar, malampah, bagi seluruh pedagang di jalan raya akan di pindahkan," ungkap M. Dt. Bandaro. Lebih lanjut M. Dt. Bandaro mengurai semua ini kami lakukan tak lain dan tidak bukan untuk memudahkan maayarakat berlalu lalang di jalan raya yang berada di Pasar Malampah tersebut, katanya. 


"kita mengantisipasi kemacetan setiap hari Sabtu, betapa tidak jika terjadi kebakaran, ada orang yang sakit parah, sudah barang tentu Mobil Damkar dan Ambulance akan sulit melewati titik insiden yang di maksud" tambah Ninik Mamak ini. Ditempat yang sama Asrinur Wali Nagari Malampah ketika di mintai keterangannya menyoal ide Ninik mamak tersebut, beliau sangat mengapresiasi sekali, bahkan tidak tanggung-tanggung pihanya akan mempreoritaskan perluasan Pasar Malampah tersebut. "inysaallah pada awal 2021 jika ada persetuNYan Badan Muswarah Nagari, maka Pasar itu adalah prioritas utama" tegas Asrinur. 


Ditempat yang berbeda Nelo Prihardi Anggota DPRD Kabupaten Pasaman ketika di kondirmasi oleh bikas beliau menyambut baik ide ninik mamak dan wali nagari tersebut. "niat baik ninik mamak dan wali nagari tersebut sangat Bagus dan perlu direalisasikan denga baik, akan tetapi sebelum dirapatkan di bamus hal tersebut perlu dilakukan" katanya. 

Lebih lanjut beliau mengungkapkan tentang kajian tentang perluasan Pasar Malampah tersebut. "kajian itu ada beberapa hal yang pertama Lokasi yang akan diadakan, yang kedua Sarana dan prasarana yang mendukung hal tersebut seperti jalan dan yang ketiga sebelum dibamuskan alangkah baiknya disosialisasikan kepada masyarakat", tukuk Nelo. 


Ini semua banyak alasan yang membuat anggota DPRD Pasaman dari Fraksi Demokrat ini berdalih. "karena masyarakat dan pedagang lah yg akan memakainya, jangan sampai terjadi juga dimalampah ini sebagaimana yang telah dilaksanakan oleh pemda Pasaman di nagari ladang panjang sehinga sampai saat ini pasar tersebut tidak bermanfaat untuk masyarakat, sehingga uang rakyat digunakan Akan tetapi tidak berguna utk masyarakat banyak" tegas Nelo Prihardi. 


Beliau juga berharap dalam Pembangunan Pasar nantinya harus berlandaskan kepada kepentingan masyarakat banyak dan lingkungan karena masyarakatlah yang akan menikmati pembangunan tersebut harap Nelo Prihardi.

(Ayang Pardede)

Artikel Terkait

Berita|Sumbar|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami