Masyarakat Dan Pemdes Tanjung Bunga Bersama Koramil 03/Pangururan Bergotong Royong Wujudkan "Kampung Tangguh"


Samosir, bidikkasusnews.com - Sebagai mana yang di amantkan oleh Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa kebencanaan adalah salah satu sub urusan pemerintahan wajib dalam pelayanan dasar pada ketertiban umum urusan ketentraman, perlindungan masyarakat. 

Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah pusat terutama dalam upaya menekan jumlah masyarakat yang terserang, tertular wabah covid 19 corona dengan masih di terapkannya PPKM.

Pembentukan Kampung Tangguh akan menjadi sebuah langkah, pendukung yang dapat memastikan PPKM bisa di terapkan di tengah tengah masyarakat.

Hari ini Jumat, 5-3-2021 terlihat masyarakat yang di koordinir oleh pemerintah desa Tanjung Bunga berbaur bersama beberapa personil TNI dari Koramil 03/Pangururan dalam kegiatan gotong royong melaksanakan pembersihan lahan dan bangunan bekas sekolah yang sudah direncanakan akan dijadikan lokasi Posko Kampung Tangguh di desa Tanjung Bunga kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir.

Warga dan Aparat Desa Tanjung Bunga yang dikoordinir langsung Kepala Desa Lasper Bartolomeus Sitanggang melaksanakan gotong royong dan pembersihan lokasi yang akan dijadikan Kampung Tangguh Hobas Desa Tanjung Bunga.

"Gotong royong ini terfokus untuk pembersihan gedung sekolah yang sudah lama tutup yang akan kita jadikan posko Kampung Tangguh Hobas Desa Tanjung Bunga," kata Kepala Desa Tajung Bunga Lasper Sitanggang.


Kampung Tangguh kata Lasper bertujuan untuk penanganan covid-19 di wilayahnya. Menurutnya, bentuk penanganan yang dilakukan mirip dengan tahun lalu, yakni dengan membetuk, posko, portal dan tempat karantina.

"Bangunan sekolah lama yang sudah lama tidak dipakai lagi yang kita gotong royongkan menjadi tempat karantina bagi warga desa yang terpapar covid-19," kata Lasper.

Lasper melanjutkan, pemeriksaan suhu tubuh bagi pendatang yang mungkin akan datang ke lokasi wisata di Desa Tanjung juga akan dilaksanakan. "Bilamana ada pengunjung yang datang tentunya harus dilakukan pemeriksaan sesuai dengan prokes," katanya.

Sementara itu, Danramil 03/ Pangururan Kapt. Inf. Donald Panjaitan kepada awak media mengatakan, kegiatan kerja bakti ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari pembinaan teritorial (Binter) Koramil 03/Pangururan dalam menjaga kemanunggalan TNI bersama rakyat.

"Gunanya memupuk sikap gotong royong dimasyarakat agar setiap kegiatan berjalan dengan baik dan menjadi mudah. Apalagi ini adalah untuk mengatasi pandemi covid-19 yang menjadi fokus pemerintah dan tentunya tugas bersama," pungkas Donald.


(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami