Guna Memaksimalkan Program Pemerintah Samosir "Serbu Covid19" Petugas Kesehatan, Koramil, Polsek Harian Melaksanakan Tracing Dan Sweb


Samosir, bidikkasusnews.com - Petugas puskesmas Harian Dr. Harkesni Pardede, Ernawati Sihotang bersama Personil Koramil 04/HB Kopda AS. Sihombing beserta Polsek Harian Boho Aipda M. Pasaribu melaksanakan Tracing dan Pemeriksaan Sweb tahadap warga yang kontak langsung dengan pasien Positif Covid-19, yakni atas nama HS warga desa turpuk sihotang dan EMW Warga  Desa Turpuk Limbong pada Rabu 14-7-2021 Pukul: 11.30 s/d selesai.

Petugas Medis Puskesmas Harian tak luput melaksanakan Pemeriksaan kepada warga yang kontak langsung dengan pasien Positif Covid-19 dan dilakukan Swab diantaranya : Romual Simarmata (negatif), Rissi Manik (negatif), Anna Sinaga (negatif), Viktor Sinaga (negatif), Eric Naibaho (negatif), Junior Siagian (negatif), Sabam Nadeak (negatif), Dian Sihombing (negatif), Roma Limbong (negatif), Andi Sihotang (negatif), dan dinyatakan oleh petugas yang melaksanakan bahwa sepanjang pelaksanaan Selama kegiatan berlangsung aman.

Kepala Desa Turpuk Limbong Viktor Sinaga selaku pimpinan desa Menjelaskan bahwa Sweb Test adalah salah satu metode yang dilakukan oleh tenaga medis untuk mendeteksi keberadaan virus atau bakteri penyebab penyakit. Istilah swab tes ini sendiri semakin dikenal oleh masyarakat akibat maraknya virus corona dan banyaknya rumah sakit serta tenaga medis yang melakukan tes ini untuk melakukan pengecekan secara berkala. 

"Swab tes adalah pemeriksaan yang menggunakan sampel dari lendir dalam hidung ataupun tenggorokan, darah, urine, sputum hingga cairan serebrospinal (CSF). Hasil pengetesan swab tes juga diakui lebih akurat daripada tes lainnya, misalnya rapid test" ,ujarnya.

Kopda AS Sihombing mengatakan, sesuai prosedur, ketika ada warga yang kontak langsung dengan pasien positif Covid-19, tim kesehatan akan melakukan tracing contact terhadap keluarga pasien bersangkutan. "Jadi untuk warga yang kontak dengan pasien terpapar, tim medis puskesmas Harian akan melakukan swab, "ujarnya.

Aipda M Pasaribu juga menambahkan bahwa Kegiatan tersebut sebagai upaya monitoring laju perkembangan Covid-19 di wilayahnya dalam upaya penanggulangan dan pencegahan virus covid 19. Dan memberikan rasa aman kepada warga agar berjalan dengan lancar.

Lanjutnya, Kegiatan ini dilakukan agar orang terkait kontak erat hasil tracing atau hal lain cepat mendapatkan penanganan Swab test tersebut dalam upaya penanggulangan penyebaran virus covid 19.

(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami