Warga Keluhkan Puskesmas Pembantu Sialang Taji Tidak Aktif


Labura, Bidikkasusnews.com - Puskesmas Pembantu (Pustu) merupakan jaringan pelayanan Puskesmas yang memberikan pelayanan kesehatan secara permanen di suatu lokasi dalam wilayah kerja Puskesmas. Puskesmas Pembantu merupakan bagian integral Puskesmas, yang harus dibina secara berkala oleh Puskesmas. Tujuan Puskesmas Pembantu adalah untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah kerjanya. 

Puskesmas Pembantu didirikan dengan perbandingan 1 (satu) Puskesmas Pembantu untuk melayani 2 (dua) sampai 3 (tiga) desa/kelurahan. Penanggungjawab Puskesmas Pembantu adalah seorang perawat atau Bidan, yang ditetapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan atas usulan Kepala Puskesmas. Tenaga minimal di Puskesmas Pembantu terdiri dari 1 (satu) orang perawat dan 1 (satu) orang bidan. Pendirian Puskesmas Pembantu harus memenuhi persyaratan lokasi, bangunan, prasarana, peralatan kesehatan dan ketenagaan. Bangunan, prasarana dan peralatan kesehatan di Puskesmas Pembantu harus dilakukan pemeliharaan, perawatan, dan pemeriksaan secara berkala agar tetap baik fungsi. 



Hal tersebut di atas tidak terjadi pada pustu Sialang taji, dari Pantauan awak media dilokasi Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (Pustu) Sialang taji dusun 1 Desa sialang taji kecamatan Kualuh selatan Kabupaten Labuhanbatu utara tampak tidak berpenghuni dan terlihat tidak ada yang merawat diduga jarang ditempati atau tidak aktif, hal ini pun mendapat keluhan dari masyarakat. Senin,(3/1/2022).

Salah satu masyarakat M idris pun menyebutkan tidak aktifnya Pustu Sialang taji ini membuat masyarakat sekitar terpaksa berobat ke klinik yang ada di Desa sialang taji atau ke Rumah sakit umum Aek kanopan. 

“Saya melihat jarang sekali pustu ini aktif, jadi kami terpaksa berobat ke klinik yang ada disini atau kami ke Rumah sakit umum yang ada di Aek kanopan yang lumayan jauh,” terang M idris.

Saat awak media mencoba mengkonfirmasi kepala dinas kesehatan dr Hj Saodah Nasution di kantornya tidak berada di tempat. saat di konfirmasi via telpon sampai dua kali berdering namun tidak di angkat.

(Muhammad yusup harahap)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami