PTPN3 DISTRIK SERDANG-1 SERAHKAN BANTUAN DANA TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN (TJSL) TRIWULAN-1 TAHUN 2022


Gunung Pamela, bidikkasusnews.com - 27 April 2022 - PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara, dengan mengkedepankan pencarian laba yang setinggi tingginya tentunya dengan melalui penggalian produksi yang seoptimal mungkin dan dengan pengawasan yang melekat, dengan manajemen yang handal, guna tercapainya hasil yang sangat tinggi sesuai dengan target yang telah terkodifikasi dalam RKAP.

Disamping pokus penggalian produksi, PTPN3 juga tidak terlepas   ramah akan lingkungan terhadap masyarakat sekitar kebun, hal ini tentunya sejalan dengan Peraturan Menteri BUMN No. PER-5/MBU/04/2021 tentang Program Tanjung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha Negara.

Dengan dasar Permen BUMN tersebut maka PTPN3 tetap aktif secara rutinitas setiap tahunnya memberikan  bantuan-bantuan kepada masyarakat umum yang berada disekitar kebun/unit PTPN3 demi keberlangusungan hidup yang layak dan kesejahteraan masyarakat yang madani sehingga dapat dimanfaatkan bagi pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, pembangunan lingkungan serta serta pembangunan hukum dan tata kelola bagi perusahaan.


Guna memenuhi Permen BUMN tersebut PTP3 Melalui Distrik Serdang 1 telah menyerahkan bantuan dana tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang  meliputi untuk kebutuhan sarana sosial, keagamaan , pendidikan, dan sifatnya demi untuk masyarakat pengguna secara umum. 

Bantuan TJSL ini terdiri dari 35 objek, 8 titik diberikan kapada masyarakat yang berada diwilayah kerja Distrik Serdang-1, meliputi wilayah Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten, Simalungun dan Kabupaten Batubara.

Acara dilaksnakan di Wisama Gunung Pamela, pada, Rabu, 27 April 2022, dihadiri oleh, General Manager Serdang-1, Manager kebun/unit se Distrik Serdang-1, Kabid. Umum, APK kebun, Muspika, segenap panitia pelaksana dari Bidang Umum DSER, ketua SPBUn Basis DSER1, dan para penerima bantuan dari masing-masing daerah yang terdiri dari 35 objek.

Acara dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan sebagaimana yang diterapkan oleh perusahaan dan diawali dengan pembacaan doa yang disampaikan oleh Ustadz Khoirul Umri.

Usai acara doa, selanjutnya dari salah seorang penerima bantuan TJSL, Jumarno selaku Kepala Desa Kucingan, Kabupaten Simalungun memberikan sambutan mewakli para penerima TJSL, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak PTPN3 yang telah berupaya membantu demi keberlangusungan hidup orang banyak/masyarakat umum, kami siap membantu dan mendukung langkah-langkah serta program-program PTPN3 terlebih dalam membantu pengamanan asset PTPN3 sehingga terlepas dari gangguan dari masyarakat yang akan menggaggu produksi PTPN3, Jumarno juga mendoakan agar PTPN3 tetap jaya dan juara serta dapat laba lebih banyak lagi sehingga kedepan acara yang sama dapat lembih meluas lagi,..ungkap : Jumarno.



Selanjutnya dalam acara TJSL ini Hadisaputra, SP, M.Si selaku General Manager Serdang-1 memberikan arahan dan bimbingan kepada peserta penerima bantuan TJSL bahwa bantuan ini dilaksanakan sebagai bentuk BUMN berbagi dan hal ini tentunya sejalan dengan   Permen BUMN, dengan menerapkan prinsip terintegrasi, terarah, terukur dan akuntabilitas.

Harapan Hadisaputra agar bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan dimanfaatkan untuk hal yang positif dan dapat menjadi umpan balik dimana masyakat dapat saling menjaga asset perusahaan dan saling memiliki sehingga terhindar dari kerawanan pencurian produksi, serta mengaharapkan kapada para peserta TJSL agar tetap selalu mendoakan PTPN3  supaya produksi karet dan kelapa sawit tumbuh subur dengan hasil yang baik, tutur Hadisaputra.

Desela-sela acara penyerahan TJSL Elvin Ginting selaku Kabid. Umum Distrik Serdang-1 memberikan penjelasan  secara singkat kepada para penerima bantuan TJSL bahwa bantuan ini merupakan bantuan untuk Triwulan 1 Tahun 2022 dengan jumlah 35 objek, selanjutnya diminta kepada para penerima bantuan TJSL agar dapat memberikan/menyampaikan laporan pertanggung jawaban sebagai bukti adanya penerimaan bantuan dana  dari pihak PTPN3, kemudian adanya fakta integritas atas objek yang akan dibangun dan tertib administrasi, itu harapan yang pertama.

Harapan yang kedua agar para penerima bantuan dana TJSL dapat membantu dan dapat berpartisipasi dan sebagai pagar dan pilar dikebun-kebun terutama sebagai benteng untuk menghindari adanya garapan diareal HGU PTPN3 yang akan digarap oleh masyarakat yang tidak bertanggung jawab, mari kita secara bersama-sama bergandengan tangan dalam menjaga asset perusahaan, ujar Elvin Ginting, sambil tersenyum.

(Jumiin. S.SH)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami