TOKO "SALSABILA STORE 01" PELAPAK DI SHOPEE TIPU KONSUMEN


Labura, Bidikkasusnews.comHati-hati berbelanja di Toko Salsabila store 01,  salah satu pelapak Toko online di Shopeeb Hal itu dikatakan seorang konsumen, Inisial FT (55 th) warga Labura merasa tertipu oleh salah satu toko Salsabila Store 01 pelapak di toko onlaine Shope.
     Pasalnya pesanan barang  belanja yang dipesan melalui COD  tidak sesuai yang dipesan.
      FT kepada awak media ini, Selasa ( 7/6/22) menuturkan perihal menjadi korban yang dialaminya ketika belanja di shopee baru-baru ini. dirinya menjelaskan kronologinya,"saya belanja di Shopee tepatnya di toko Salsabila store 01, dengan membeli pesanan satu Mick klip (Saramonick) dengan bandrol harga Rp 271 000,- (Duaratus Tujuh Puluh Satu Ribu Rupiah) dengan Ces on delivery(COD)
      Setelah lamanya dua Minggu kemudian,saya  menerima via telefon dari salah satu jasa pengiriman barang yang beralamat di Aek Kanopan ,agar saya mengambil kiriman paket dari kantor J&T.
     Lalu kemudian paket atas nama saya tersebut saya ambil, dan selanjutnya paket itu lalu saya buka setelah tiba di rumah saya dan, Setelah saya buka ternyata isi paket yang saya terima bukan barang yang sesuai pesanan saya  yang datang melainkan barang, berupa jam tangan murahan dan Tasbih, "jelasnya.
     Dan barang itu tidak sesuai dengan spesifikasi yang saya pesan,"ucapnya dengan rasa kesal dan kecewa.
      Tambahnya lagi,Selanjutnya hari itu juga saya datangi lagi kantor J&T yang berdomisili di Aekkanopan JL.Lintas Sumatra, untuk  pengembalian (retur)barang tersebut kepihak penjual, lalu pihak J&T mengajukan pengembalian paket tersebut via komputernya J&T ,namun menurut saran pihak J&T paket bisa dikirim kembali setelah pihak toko Salsabila Store 01 yang beralamat di Palembang menyetujuinya, dan 
menyarankan agar paket dibawa pulang dulu ,nanti setelah disetujui pengembalian baru bapak antar kesini , untuk pengiriman pengembalian paketnya ,ucap salah seorang staf dikantor itu kepada ,saya.


     Pada tanggal (15/5/22) Paket seutuhnya dikembalikan dikirim via J&T kepada pihak Toko Salsabila Store 01 yang beralamat di Palembang itu setelah menerima persetujuan melalui online di komputer J&T Aek kanopan Labura.
      Namun Anehnya "Setelah paket dikirim kembali"pihak penjual (toko) mengirim pesan melalui WhatsApp yang mengatakan bahwa barang yang di pesan adalah Misteri box( untung-untungan), pada hal pesanan yang saya pesan adalah  "SARAMONIK" (Mick clip) ,bukan untung- untungan.
      "Menurut saya pihak penjual diduga telah melakukan penipuan terhadap saya, sebap 1. Barang yang saya terima tidak 1(satu) barang pun yang sesuai pesanan yang saya pesan, spesifikasi order,2
      Setelah barang dikirim kembali ke penjual,namun penjual pihak toko Shopee sampai hari ini, tidak ada etika baik untuk mengembalikan uang saya,atau mengganti barang sesuai pesanan saya, hingga sekarang juga"ujarnya.
     Dan Hal ini telah kita sampaikan ke pihak Shopee namun, hingga saat ini belum ada, penyelesaian,pada hal seyogyanya pihak Shopee sebagai perusahaan pengelola market  harus responsif terhadap keluhan konsumen, pembeli di Shope demi menjaga kualitas pelayanan,dan keyakinan para konsumen nya dan mengantispasi agar tidak terjadinya banyak korban- korban lain oleh toko atau pelapak nakal di shopee yang tidak bertanggung jawab. 
      Dalam Pasal 8 ayat (1) huruf f UU Perlindungan Konsumen yang melarang pelaku usaha untuk memproduksi dan/atau memperdagangkan barang dan/atau jasa yang tidak sesuai dengan janji yang dinyatakan dalam label, etiket, keterangan, iklan atau promosi penjualan barang dan/atau jasa tersebut.

  Ketidaksesuaian spesifikasi barang yang Anda terima dengan barang tertera dalam iklan/foto penawaran barang merupakan bentuk pelanggaran/larangan bagi pelaku usaha dalam memperdagangkan barang.

    Bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen? Anda selaku konsumen sesuai Pasal 4 huruf h UU Perlindungan Konsumen berhak mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.

    Di sisi lain, pelaku usaha wajib memberi kompensasi,ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima atau dimanfaatkan tidak sesuai dengan perjanjian.

   Pelaku usaha yang melanggar larangan memperdagangkan barang dan/atau jasa yang tidak sesuai janji dalam label, etiket, keterangan,iklan atau promosi dapat dipidana berdasarkan Pasal 62 ayat (1) UU Perlindungan Konsumen dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau pidana denda paling banyak Rp1 Milyar.(Eko S.Rino)


Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami