Ratusan Siswa Bersihkan Tugu Benteng Kutarih Menyambut HUT RI Ke 77


Kutacane, bidikkasusnews.com - Sebanyak 117 murid atau siswa dari SMPN 1 Kutacane membersihkan situs atau monumen Tugu Benteng Kutarih dan beberapa makam pahlawan yang terletak di Desa Kutarih, Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) pada Minggu (14/8). 

Kepala Sekolah SMP N 1 Kutacane Budi Indra mengatakan, pembersihan halaman Tugu Benteng Kutarih oleh ratusan siswa tersebut  dilakukan dalam rangka menyambut Hari ulang tahun ke 77 Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus mendatang. 

Menurut Budi Indra, kegiatan itu juga dilakukan sebagai upaya  mengenalkan situs  sejarah perjuangan Masyarakat Alas dalam memperjuangkan kemerdekaan di Agara kepada Siswa. 

"Pembersihan itu juga dilakukan untuk upacara bendera yang dilaksanakan siswa dan para guru SMP N 1 Kutacane yang dilaksanakan hari ini. Dan sekaligus mengajarkan siswa melestarikan situs sejarah yang ada, " sebut Budi Indra. 

Lanjut Budi Indra, saat melakukan pembersihan,  ratusan siswa terlihat antusias dan merasa senang karena dapat mengenal dan melestarikan situs sejarah Tugu Benteng Kutarih ini. 

"Meski situs ini belum ter SK kan oleh Pemerintah Provinsi Aceh, Kabupaten maupun Pusat, siswa sangat antusias untuk melaksanakan kegiatan tersebut," ujar Budi Indra. 

Kepala Sekolah SMP N 1 Kutacane itu juga menilai, dengan terlaksana kegiatan tersebut, siswa dapat lebih mendalami sejarah Benteng Kutarih dan sebagai bahan pelajaran projek profil Pancasila sesuai dengan kurikulum merdeka saat ini. 

"Pesan yang dapat diambil dari sejarah perlawanan masyarakat Alas melawan penjajah pada 14 Juni 1904 di benteng kutarih ini. Dimana siswa dapat meneruskan  cita-cita  pahlawan tentang makna dari kemerdekaan, " tutup Budi Indra. 

(Noris Ellyfian)

Artikel Terkait

Aceh|Berita|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami