Untuk Samosir Yang Lebih Baik, Kapolres Samosir FGD Bersama Wartawan, LSM, Ormas, Dan OKP


Samosir, bidikkasusnews. Com - Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH menghadiri kegiatan Deklarasi & Fokus Grup Diskusi (FGD) oleh Aliansi Jurnalis LSM, ORMAS, OKP Kabupaten Samosir bertempat yang dinisiasi tokoh masyarakat Efendy Naibaho di Yayasan Pusuk Buhit Lumban Butar II, Kelurahan Siogung-ogung Kecamatan Panguruan Kabupaten Samosir, Kamis 10-11-2022.

Amatan Wartawan, FGD tersebut membahas strategi Peningkatan pertumbuhan Ekonomi dan sektor Pariwisata Samosir, dukungan untuk memajukan Kabupaten Samosir sebagai Destinasi Pariwisata Nasional Superioritas, Pembahasan APBD, Politik, Sektor Pertanian, dan Keberadaan Keramba Jaring Apung (KJA) di wilayah Samosir.

Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon, SH MH menuturkan, negara ini membutuhkan kegiatan Fokus Grup Diskusi (FGD) untuk membangun dan membuat perubahan kedepan lebih baik.

"Saya mewakili Forkompinda mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan kali ini. Mari dalam kegiatan Fokus Grup Diskusi (FGD) ini, kita jadikan untuk membentuk suatu kebersamaan dan kekompakan. Melalui Aliansi Jurnalis ini, semoga menjadi Pelopor/Memprakarsai Kabupaten Samosir dengan mengutamakan Dalihan Natolu,"ujar AKBP Josua Tampubolon.

AKBP Josua dalam juga memberi contoh dalam kepemimpinannya membuat semboyan "Kasih".

"Saya membuat semboyan KASIH pada Polres Samosir, karena kasih itu memiliki makna mengampuni, panjang sabar, lemah lembut dan saling tolong menolong. Polres Samosir mempunyai program unggulan yakni Polisi belajar berbahasa Inggris (Saturday Is English Day) mengingat Kabupaten Samosir merupakan Destinasi wisata super prioritas yang memiliki berbagai wisatawan dari berbagai mancanegara,"terang AKBP Josua.

Melalui semboyan kasih, sejumlah kinerja oleh personel semakin baik hasilnya menurut AKBP Josua.

Terbukti dari beberapa poin, salah satu pelajar dari Kabupaten Samosir yaitu Carlo Benito Sinurat Siswa SMP Negeri 2 Pangururan sebagai pemenang juara 1 lomba menulis surat kepada Kapolri dalam rangka perayaan HUT Bhayangkara ke-76 se-Indonesia.


Begitu juga dengan prestasi yang dicapai Personil Polres Samosir yakni Bripda Bonatua Nainggolan Lumbantungkup asal Kecamatan Nainggolan sebagai Perwakilan Negara Indonesia mengikuti ajang Sea Games Kick Boxing.

"Pada saat pelaksanaan upacara peringatan hari Pahlawan pagi tadi, Saya telah memberikan penghargaan kepada para Atlet Kabupaten Samosir yang berprestasi (Memperoleh Medali di PORPROVSU) XI Tahun 2022. Mereka merupakan Pahlawan saat ini yang membawa nama baik Kabupaten Samosir,"tutur AKBP Josua.

Polres Samosir kini kata AKBP Josua membuka kesempatan bagi Putra-Putri berprestasi Kabupaten Samosir untuk direkrut menjadi Anggota Polri. 

Polres Samosir, bahkan berperan mengangkat derajat kearifan lokal yang menurut Josua melalui hal sederhana.

"Jajaran Polres Samosir pada setiap hari Kamis menggunakan Stola Batak, untuk mengenalkan ulos dan memaknai ulos sebagai Warisan Budaya Batak yang perlu dilestarikan. Dan tentunya, kami membutuhkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Samosir dan rekan-rekan Pers/Jurnalis untuk turut serta menjaga Harkamtibmas diwilayah Kabupaten Samosir. Dalam kegiatan FGD kali ini, Saya juga mengharapkan rekan-rekan sekalian turut serta membantu Polri untuk mengaktifkan kembali Pos Siskamling disetiap Desa,"pinta Josua.

Ketua DPC LSM LPPAS RI Samosir Bastian Simbolon menyampaikan, kalau mereka menyediakan wadah informasi untuk membangun Kabupaten Samosir melalui pemberitaan yang positif dan membangun masyarakat dalam memberikan informasi. 

Sementara itu, Camat Pangururan Robintang Naibaho menuturkan, Aliansi Jurnalis LSM, ORMAS, OKP yang diresmikan ini kiranya dapat membuat perubahan yang lebih baik, terkhususnya untuk Kabupaten Samosir.

Pesan lainnya juga disampaikan Ketua TBPP (Team Bupati Percepatan Pembangunan) / Mantan Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon. 

Mangindar berharap, Jurnalis LSM, ORMAS, OKP merupakan rekanan pemberitaan media dalam membangun suatu daerah untuk menjadi lebih baik. Apalagi, menurut Mangindar kegiatan FGD kali juga bertujuan untuk dapat meminimalisir adanya pemberitaan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan informasinya.

Eks Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga tak ketinggalan, didaulat memberi masukan untuk kebaikan pembangunan Samosir ke depan.

"Saya menganggap para rekan didalam Aliansi Jurnalis LSM, ORMAS, OKP Kabupaten Samosir adalah orang-orang yang dapat membawa perubahan Kabupaten Samosir kearah yang lebih baik. Kita harus mampu menempatkan dan mendapatkan Hak kita. Mampu mendengar, berfikir, melakukan solusi merupakan output dari Aliansi Jurnalis LSM, ORMAS, OKP Kabupaten Samosir. Kepentingan utama Kabupaten Samosir ialah untuk mensejahterakan masyarakatnya. Seperti kita ketahui bersama, bahwa Polres Samosir turut bekerja keras untuk memajukan Kabupaten Samosir .Saya mengucapkan selamat dan sukses atas berjalannya Kegiatan Deklarasi & Fokus Grup Diskusi (FGD) oleh Aliansi Jurnalis LSM, ORMAS, OKP ini,"ucap Juang Sinaga yang juga Dewan Guru Sabuk Hitam Perguruan Karatedo Tako ini. (Jun-tribun-medan.com).

FGD ini turut diikuti Kabag Ops Polres Samosir Kompol Lengkap S. Siregar, SH, Kasat Intelkam Polres Samosir AKP Sahala Harahap, SH, Ketua Jurnalis Pro Perubahan Kab. Samosir Effendi Naibaho ,Ketua DPC LSM LPPAS RI (Lembaga Pemantau Pembangunan Dan Aset Republik Indonesia) Kab. Samosir Bastian Simbolon, Para Jurnalis LSM, ORMAS, OKP Kabupaten Samosir.

Output FGD ini menghasilkan, kegiatan Fokus Grup Diskusi (FGD) dihadiri dalam rangka Mendukung Program Quick Wins Presisi Polri nomor 1 yakni Meningkatkan Kepercayaan masyarakat melalui Media Sosial. Fokus Grup Diskusi (FGD) juga dihadiri untuk mempererat Sinergitas antara Polres Samosir dengan Insan Pers sekaligus mengajak Insan Pers sebagai Mitra Polri bersama mendukung program Pemerintah Daerah dalam rangka memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Samosir dengan menyuguhkan pemberitaan yang positif dan menjadi mitra bagi Polri yang selalu berkoordinasi dengan aparat penegak hukum yang ada di Polres Samosir dan Jajaran. 

(Bastian Simbolon) 

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami