KPU Kab. Samosir Laksanakan Uji Publik Rancangan Penataan Dapil Dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Samosir Di Pemilu 2024


Samosir, bidikkasusnews. Com - Puluhan wartawan yang selama ini melaksanakan peliputan di kabupaten Samosir menghadiri undangan yang di buat oleh Komisi 

Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir yang menggelar ‘Uji Publik Rancangan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD kabupaten Samosir pada Pemilu 2024.

Sebagai mana informasi yang diterima dari Komisioner juga Panitia acara bahwa kegiatan ini merupakan season (kegiatan) kedua.

Acara dilaksankan di Kantor KPU Samosir Jalan Rianiate Desa Hutanamora Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir hari ini Selasa, 13-12-2022.

Sebelumnya disesion pertama, KPU Samosir juga menggelar uji publik Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Pemilu 2024, yang dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pemuda. Dan selanjutnya disesion ketiga akan dihadiri oleh Ketua partai, camat, steackhokder dan forkopimda.

Hal ini dilakukan KPU Samosir berdasarkan peraturan KPU NO 6 (Tahun 2022). Pada pasal 6 berbunyi “KPU Kabupaten/kota mengumumkan kepada masyarakat dan penyelenggara uji publik rancangan penataan Dapil dan Alokasi kursi untuk mendapatkan masukan dan tanggapan.

Anggota KPU Kabupaten Samosir, Robinsar Junedi Barus menjelaskan bahwa uji publik bertujuan untuk mendapatkan saran serta masukan melalui diskusi bersama berbagai unsur masyarakat terkait dengan rancangan dapil di kabupaten tersebut.

“Berdasar data agregat kependudukan kecamatan yang disampaikan Kementerian Dalam Negeri kepada KPU, tercatat jumlah penduduk di kecamatan Simanindo berjumlah (24.017), kecamatan Pangururan (35.973), kecamatan Ronggurnihuta (10.086), kecamatan Palipi (18.899), kecamatan Nainggolan (13.175), kecamatan Onanrunggu (11.236), kecamatan Harian (10.063), kecamatan Sianjurmulamula (10.406), dan kecamatan Sitiotio 8.463. total penduduk Kabupaten Samosir berjumlah (142.318 jiwa)”, paparnya menggunakan infocus.

Meskipun Tahun 2024 jumlah pemilih ada peningkatan mencapai 84%, namun anggota DPRD Samosir masih berjumlah 25. Dan seluruh kecamatan yang ada di Samosir memiliki keterwakilan masing-masing.

“Jumlah kursi ditentukan dari jumlah penduduk, bukan jumlah pemilih. Jika penduduk kita sudah berjumlah diatas (200.001) maka jumlah kursi DPRD kita akan bertambah menjadi 30 kursi”, terangnya.

Monang Sinaga, Anggota KPU Samosir bidang perencanaan juga menambahkan, bahwa masyarakat juga dapat mengetahui DPT terdaftar melalui website cekdptonlin.kpu.id. “Melalui aplikasi cekdptonlin.kpu.id ini, masyarakat dapat mengetahui dirinya teradaftar sebagai pemilu 2024”, terang Monang Sinaga.

Diakhir acara, Robinsar Junedi Barus memberitahukan bahwa KPU Samosir telah menerimah tanah hibah dari pemkab Samosir untuk dibangun kantor KPU Samosir. “Semoga tahun depan (2023), KPU Samosir akan memohon ke pusat (KPU RI) untuk pembangunan kantor KPU Samosir di Parbaba”, pungkasnya.

Turut hadir seluruh komisioner KPU Samosir, diantaranya yakni Ika Rolina Samosir, Robinsar J.Barus, Monang Sinaga, Gomgom Situmorang, Barita C. Malau.

(Baatian Simbolon) 

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami