Ketua DPC LSM LPPAS RI Menaruh Atensi Atas Masalah Di UPT SAMSAT Cabang Pangururan Samosir

Samosir, bidikkasusnews. Com - Hadir bersama beberapa awak media Ketua DPC LSM LPPAS RI Kabupaten Samosir Bastian Simbolon hari ini Kamis, 9-3-2023 mengunjungi Kantor Unit Pelaksana Teknik (UPT) Samsat Cabang Samosir yang berada di Jl. Negara Ruas Pangururan Simanindo Desa Parhorasan I Kecamatan Pangururan, dan diterima langsung oleh Kepala UPT Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Denni Meliala Sembiring diruang kerjanya.

Sebagai mana informasi yang viral belakangan ini atas permasalahan yang terjadi di kantor UPT Samsat Cabang Pangururan dengan terungkapnya dimana banyak warga masyarakat Kabupaten Samosir yang taat pajak kendaraan yang merasa tertipu oleh oknum petugas nakal di Kantor Samsat Cabang Pangururan, yang menyebabkan kerugian bagi masyarakat taat pajak.

Sebagaimana informasi yang sudah luas beredar dimedia bahwa terungkapnya kasus ini berawal saat banyaknya warga Samosir yang memeriksa Pajak Kenderaanya lewat aplikasi online, yang mana saat diperiksa ternyata pajak Kenderaanya yang harusnya tercatat sudah melunasi kewajibannya ternyata faktanya yang muncul malah masih tercatat sebagai penunggak pajak kendaraan.

Dari informasi yang beredar dikalangan masyarakat dimana setidaknya sudah ada dua orang petugas yang diduga nakal sebagai pelaku kejahatan penggelapan setoran pajak kenderaan masyarakat, dan dimungkinkan akan bertambahnya terduga pelakunya. 

Tercatat kedua oknum petugas nakal yakni satu orang Personil Satuan Lalulintas Polres Samosir yang bertugas di Kantor UPT Samsat, yang belum lama ini diketahui sudah meninggal dan kasus kematiannya masih dalam proses penyidikan. Dan satu orang lagi merupakan pegawai honor di UPT Samsat Samosir (AC) yang saat ini masuk didalam daftar pencarian orang (DPO).

Ketua DPC LSM LPPAS RI Samosir Bastian Simbolon menanyakan langsung kepada Kepala UPT yang baru, "sebagai pejabat yang baru apakah bapak Denni sudah mengetahui persi akan permasalahan yang ada di Kantor Samsat ini ?

Dijawab bahwa beliau sudah benar mengetahui ada masalah di Kantor Samsat Cabang Pangururan saat ini, dan diakui kepadanya diberi tanggung jawab bagaimana sebaik mungkin untuk bisa menyelesaikannya dengan dukungan dan petunjuk dari Kantor Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) yang ada di Provinsi," dijawab olehnya.

Ditanyakan pula,"apa langkah langkah yang akan diambil untuk menyelesaikan permasalahan yang ada ?

Dikatakan,"Sebelumnya saya sebagai pejabat yang baru Kepala UPT Samsat Cabang Pangururan dengan tulus menyampaikan Permohonan maaf kepada semua masyarakat yang sudah dirugikan atas peristiwa ini. Selanjutnya saya sampaikan bahwa saya bersama petugas yang bekerja di kantor ini sudah membuka Pos pelaporan, kami akan menerima semua laporan masyarakat yang memang benar menjadi korban.

Kami telah menyiapkan formulir laporan. Kami tambahkan, sebagai bentuk tanggung jawab yang dapat kami lakukan yakni kepada masyarakat yang sudah melaporkan permasalahannya, maka akan ada kesempatan dimana Kantor Badan Pendapatan Daerah Sumatera Utara (BAPENDA) akan memberikan keringanan biaya denda antara 50% sampai sebesar 85 %, keringanan yang diberi tersebut sesuai dengan aturan, namun biaya pokok tetap harus dibayar” Jelasnya.

Mengetahui dari informasi yang berkembang dimana beberapa waktu yang lalu bahwa pihak Polres Samosir bersama Tim sudah melaksanakan penggeledahan di kediaman Alm. Bripka AS Salah Seorang Anggota Satlantas Polres Samosir yang bertugas di UPT Samsat Cabang Pangururan, dari asil penggeledan tersebut diberitakan berhasil diamankan setidaknya 300 Dokumen Pengurusan Pajak Kenderaan. Bastian Simbolon menghimbau kepada KUPT agar segerah menindaklanjutinya, dengan memastikan apakah ke 300 Dokumen tersebut adalah yang bermasalah. Jika benar itu adalah yang bermasalah agar segerah membantu tuk penyelesaiannya dan bila perlu mengumumkannya guna memudahkan masyarakat tuk mengetahuinya dan segerah melakukan pengurusan ulang.

Bastian Simbolon juga menghimbau agar pihak UPT Samsat Cabang Pangururan untuk melukan kerja kerja hebat tuk menuntaskan parmasalahan ini, juga meminta agar sebagai Kepala Kantor yang baru bapak Denni Meliala bersama seluruh staf, pegawai bisa melaksanakan kegiatan kegiatan dengan hadir ditengah tengah masyarakat, ini sangat penting guna segerah memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap UPT Samsat Cabang Pangururan Samosir," demikian himbaunya.

(Asbon Hutabalian) 

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami