Festival Tari Zapin Adat Melayu Di Tanjung Balai Telah Berakhir, Pemenang nya "Sanggar Tari Kito Dari Tanjung Balai"

TANJUNG BALAI, Bidikkasusnews.com - Festival Tari Zapin Adat Melayu wilayah empat serumpun Kabupaten Kota Provinsi Sumut yang di gelar di Kota Tanjung Balai tepat nya di Lapangan Sultan Abdul Jalil Ramadsyah ( Lapangan Pasir ) telah berakhir pada hari sabtu 04/05/2023.

Amatan wartawan Grand Final yang di gelar malam tadi telah di tampilkan tari tarian bernuansa adat melayu yang di lakukan dari 6 sanggar tari dari 4 daerah yakni ( Batubara, Asahan, Tanjung Balai dan Labura ). 

Sebelum nya 6 sanggar tari tersebut telah bertarung menjadi pemenang di babak penyisihan dan masuk ke babak Grand Final.

Di umumkan oleh dewan juri sebagai pemenang juara pertama adalah " Sanggar Tari Kito dari Kota Tanjung Balai " dan di ikuti sebagai pemenang kedua dan ketiga masing masing sanggar Sanggar Nusantara Berkarya simpang empat Kab. Asahan dan Kualuh etnis Produktion dari Kab.Labura.

Tidak hanya pemenang pertama, kedua dan ke tiga saja, panitia penyelenggara juga menyiapkan juara juara harapan, diantara nya sebagai pemenang harapan pertama pada Sanggar Surya ART SMA N 1 Pulau Rakyat Kab. Asahan dan pemenang harapan kedua serta harapan ke tiga diantara nya Sanggar Gesture Crew (kisaran) dari Kab. Asahan dan Mitriwanziq Daancer dari Kota Tanjung Balai.

Tampak hadir para undangan dalam babak Grand Final UPTD Taman Budaya Sumatera Utara, Saripah Hani br karo, Pelatih Tari Zapin dari UPTD Taman Budaya Sumatera Utara, Irfan, mewakili Kapolres Tanjung Balai, Kabag SDM Polres Tanjung Balai Kompol J. Sinaga. 

Kemudian mewakili Danlanal TBA, Letda Laut (E) Bayu Bahari, Mewakili Dandim 0208/AS, Babinsa Koramil 09/TB Serda ade hamdani (Ramil 09/TB), Ketua Panitia Wan Lefri Alamsyah M.Pd, Ketua Komunitas MCT Dwi Andrean, Panitia Festival Tari Zapin, Dewan Juri Festival Tari Zapin, Para Peserta Grand Final Festival Tari Zapin sebanyak 6 Tim dari empat Kab/Kota Sumatera Utara dan Masyarakat selaku penonton yang berjumlah sekitar 250 orang.

Di konfirmasi wartawan di lapangan, Kapolres Tanjung Balai AKBP. Ahmad Yusuf Afandi SIK MM melalui Kabag SDM Polres Tanjung Balai Kompol J. Sinaga mengatakan bahwa pihak nya telah melakukan pengamanan terbuka dan tertutup oleh personil Polres Tanjung Balai selama terselenggara nya acara tersebut.

" Kita telah melakukan pengamanan Dari awal kegiatan hingga berakhir nya acara festival tari zapin adat melayu di Tanjung Balai, " Ungkapnya. 

" dan kegiatan pun sudah terselenggara dengan baik aman dan kondusif serta tidak ada gangguan kamtibmas " Tambahnya. 

Kompol J. Sinaga juga menyebutkan bahwa audisi Tari Zapin Adat Melayu di gelar dengan tujuan untuk melestarikan budaya melayu dengan peserta wilayah Serumpun Pesisir Empat Kabupaten/kota Prov. Sumatera Utara di Kota Tanjung Balai.

( INDRA SARAGIH, SE )

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami