Diduga Tercemar Limbah Dari Pabrik Sawit PT Ruding Putra Persada Ribuan Ikan Mati

Aceh Singkil, BidikKasusNews.Com - Sungai Lae gombar yang di wilayah Desa Bukit harapan kecamatan Gunung meriah Kabupaten Aceh Singkil diduga tercemar berat oleh limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Hal itu ditandai dengan ribuan ikan yang ditemukan mati dan mengambang di aliran sungai.

Pantuan Tim Awak media terlihat air sungai menghitam pekat berserta ribuan ikan mati bertempat di jembatan pos tujuh Lae gombar dan berapa warga mengutipi ikan tersebut di wilayah Bukit harapan pada hari Jumat tanggal (15/9/2023). 

Warga setempat yang enggan di sebutkan namanya menjelaskan, kondisi air Lae gombar bertempat di jembatan Pos tujuh air hulu dari PT Ruding Putra Persada (RPP) dalam kondisi air normal. Serta tidak ditemukan ikan mati"Katanya.

Warga menyebutkan ditemukan ikan mati dalam jumlah luar biasa pada malam kamis pada Jumat, kembali ditemukan banyak ikan mati.

Terpisah Riki sebaga Humas PT Ruding persada dikonfirmasi hari yang sama lewat Whats,APP terkait hal tersebut mengucapkan itu bukan lokasi kami dan bukan limbah kami" jelasnya. 

Oleh karenanya, masyarakat setempat meminta pemerintah menyelidiki penyebab dari pencemaran ini. Lantaran aliran sungai yang membawa ikan mati ini sudah berlangsung lebih dari 24 jam.

terkait untuk melakukan penyelidikan. Salah satunya dengan uji laboratorium sampel air.

“Dilakukan uji lab terhadap sampel air aliran Sungai Pos tujuh, guna mengetahui penyebab pasti matinya ikan-ikan yang berada di aliran Sungai tersebut,“ tegasnya. 

(Muklis)

Artikel Terkait

Aceh|Berita|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami