Disperindag Naker Aceh Tenggara Berikan Pelatihan Keterampilan Kepada 80 Pencari Kerja

Kutacane, bidikkasusnews.com - Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja Aceh Tenggara memberikan keterampilan kepada 80 pencarian kerja berdasarkan klaster kompetisi.

Kabid Naker Febriza Ihsan, mengatakan ada dua pelatihan yang di berikan, yaitu pelatihan menjahit dan pelatihan pertukangan terdiri dari 80 peserta yang digelar selama enam hari yang terdiri dari 33 orang merupakan katagori miskin ektrem P3KE, kemudian 27 orang katagori miskin ekonomi lemah dan 20 orang merupakan alumni SMK.

"80 peserta itu tergabung dari 16 kecamatan Aceh Tenggara,"kata Febriza kepada Awak Media,Kamis (31/8). 

dia juga menambahkan Kegiatan ini bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) APBK tahun 2023. 

Febriza menyebutkan, adapun lokasi pelatihan dibagi menjadi dua tempat, untuk pelatihan menjahit dilaksanakan di gedung SMK Negeri 1 Kutacane, Desa Gumpang Jaya Kecamatan Babussalam, berikutnya lokasi pelatihan pertukangan dilaksanakan di gedung SMK Negeri 2 Kutacane di Desa Kumbang Indah Kecamatan Badar.

Berharap untuk para peserta agar ilmu yang didapat dari pelatihan keterampilan ini dapat dikembangkan begitu juga barang yang diberikan bisa dipergunakan untuk menjadi modal usaha mereka berwirausaha, sehingga diharapkan angka pengangguran bisa diturunkan, dan jumlah masyarakat miskin pun secara otomatis diharapkan ikut berkurang juga.

Dia juga menegaskan bagi peserta untuk tidak menjual barang yang telah diserahkan. Supaya bisa dimanfaatkan untuk berwirausaha dikarenakan pihaknya nantik akan melakukan pembinaan secara random.

"Begitu juga dengan alumni SMK dengan selesai keterampilan ini diharapkan menjadi corong untuk mampu dan siap kerja di dunia industri ,"pungkasnya.

(Noris Ellyfian)

Artikel Terkait

Aceh|Berita|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami